post-title

Risiko Sering Makan Fast Food saat Hamil

Makanan cepat saji atau yang sering dikenal dengan fast food🍔merupakan makanan yang paling banyak diminati karena rasanya yang enak. Makanan ini menjadi pilihan bagi banyak orang, begitu juga dengan ibu hamil. Mari telusuri lebih lanjut dampak buruk bagi ibu hamil jika mengonsumsi fast food secara berlebihan.


Risiko mengonsumsi fast food secara berlebihan

✨Diabetes dan obesitas

Bukan menjadi rahasia umum bahwa fast food merupakan makanan yang kurang sehat. Kandungan lemak, gula, dan garam yang tinggi meningkatkan berat badan⚖️ ibu hamil secara berlebihan, sehingga mengalami obesitas. Tidak hanya itu, ibu hamil juga berisiko diabetes jika mengonsumsinya secara berlebihan.

👶Janin kekurangan nutrisi

Kurangnya kandungan nutrisi pada fast food menjadi alasan utama bagi ibu hamil untuk mengurangi menikmati makanan ini. Jika terlalu sering mengonsumsinya, janin akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya dan rentan terkena risiko malnutrisi.😞

⚡Pencernaan terganggu

Kunci dari lancarnya pencernaan salah satunya dari tingginya serat yang dikonsumsi. Sayangnya, kandungan serat pada fast food sangat rendah. Akibatnya, pencernaan menjadi tidak lancar dan dapat menyebabkan sembelit🚽 pada ibu hamil.


Cara mengurangi konsumsi fast food

🥣Atur porsi

Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menikmati fast food. Hanya saja, harus memperhatikan porsi saat mengonsumsinya. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih bijak dalam mengatur porsi saat makan fast food.

✅Alternatif camilan sehat

Salah satu cara untuk mengontrol keinginan menikmati fast food adalah dengan membuat makanan sehat sebagai alternatifnya. Jika ingin makan fast food, Anda bisa membuatnya sendiri atau mencari alternatif lain yang lebih sehat seperti buah-buahan🍎 atau membuat kentang goreng tanpa menggunakan minyak, tetapi cukup memanggangnya. 

🍳Rutin sarapan

Sarapan setiap pagi akan membuat kita merasa lebih kenyang dan keinginan untuk mengonsumsi makanan lain di jam selanjutnya berkurang. Makanan yang sehat dan tinggi serat akan menahan rasa lapar lebih lama.😊