post-title

Tendangan Janin Belum Terasa?

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat hamil yaitu dapat merasakan tendangan-tendangan kecil❤️ janin dari dalam kandungan. Namun, ibu hamil sering merasa cemas apabila belum juga merasakan gerakan-gerakan kecil dari dalam kandungan. Bagaimana menyikapinya? Berikut penjelasannya.


Alasan pergerakan janin belum terasa

📌Kecilnya ukuran janin

Jika kehamilan belum memasuki trimester kedua, maka ukuran janin masih terlalu kecil untuk melakukan gerakan. Janin masih terasa berada di perut bagian bawah karena usia kandungan yang masih muda.

💭Kurangnya kepekaan ibu hamil

Apabila kandungan sudah memasuki usia 5 bulan namun belum juga merasakan gerakan, maka belum tentu terjadi hal yang buruk pada janin. Bisa saja ibu hamil🤰 sibuk beraktivitas, memiliki lemak yang cukup tebal, dan kondisi lainnya membuat kepekaan terhadap pergerakan perut berkurang.

👶Kondisi janin yang kurang baik

Janin yang sudah menginjak usia 5 bulan biasanya akan melakukan pergerakan sedikit demi sedikit. Apabila belum juga terasa, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kandungan🏥 untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Upaya untuk dapat merasakan gerakan si kecil

⚡Merangsang gerakan janin

Ibu hamil dapat mencoba merangsang pergerakan janin dengan cara mengelus perut, mendengarkan musik🎵, dan mengajak bicara.

🛏️Memiringkan posisi tidur

Mencoba posisi tidur miring dan menghadap ke sebelah kiri juga menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan agar dapat merasakan gerakan si kecil. Posisikan tidur miring kurang lebih dua jam⏲️ dan tunggu pergerakan janin.

😉Lebih sensitif terhadap gerakan kecil

Gerakan yang dilakukan janin dalam kandungan bisa saja merupakan gerakan yang sangat kecil dan lembut✨, sehingga ibu hamil perlu lebih sensitif dan fokus untuk merasakan pergerakan tersebut.


Jika gerakan bayi tak kunjung terasa

👩‍⚕️Periksa kandungan secara rutin

Jika Anda tidak kunjung merasakan gerakan pada janin, terlebih jika sebelumnya pernah merasakan gerakan tetapi gerakan tersebut tidak lagi terasa, maka sebaiknya periksakan kandungan Anda ke dokter agar dapat memastikan penyebabnya.💡

📅Kandungan memasuki bulan ke empat

Usia kandungan yang telah memasuki trimester kedua📝 merupakan fase janin melakukan pergerakan di dalam kandungan. Janin akan melakukan pergerakan pada usia kehamilan 4 bulan sampai dengan 5 bulan. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa kondisi setiap ibu hamil berbeda, sehingga waktu mulai pergerakan janin juga akan berbeda.