post-title

Mengenal lebih dalam Varikokel pada Anak

Organ reproduksi anak perempuan dan laki-laki sama-sama harus dijaga dari segi kebersihan maupun kesehatan. Kali ini, mari kita bahas kesehatan penis anak laki-laki. Salah satu masalah yang dapat menyerang penis anak adalah penyakit varikokel. Apa itu varikokel🙋? Mari simak pembahasannya berikut ini.


Penyakit varikokel yang menyerang anak laki-laki

✨Pembesaran pembuluh darah di kantung penis

Pembuluh darah di kantung penis yang membesar dapat juga disebut dengan varikokel. Hal ini umum terjadi pada anak-anak maupun remaja laki-laki🧒🏻.

☁️Perubahan aliran darah

Penyakit ini sering timbul di bagian kiri karena sudut aliran darah berubah dari kantung penis ke ginjal. Meningkatnya jumlah darah menyebabkan penumpukan darah yang berlebihan dan membuat kantung penis bengkak.

🌱Kesuburan reproduksi terganggu

Penyakit ini termasuk penyakit yang tidak berbahaya. Namun, ada baiknya jika segera memeriksakannya ke para ahli🏥 karena risiko gangguan kesuburan reproduksi dapat meningkat.


Apa saja penyebab gejala varikokel pada anak?

💭Tidak ada faktor tertentu

Anak atau remaja yang mengalami varikokel belum tentu memiliki penyebab yang signifikan. Beberapa anak terkena penyakit ini tanpa adanya suatu alasan tertentu. Akan tetapi menurut para ahli👩‍⚕️, jaringan saraf, pembuluh darah, dan saluran yang tidak memiliki katup untuk saluran testis dan perut merupakan penyebab varikokel.

⚡Testis terasa nyeri dan tidak nyaman

Adanya aliran darah yang tidak lancar di testis dapat menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan. Anak akan merasa sakit dan mengeluh atas gejala ini.

😞Testis membengkak dan terasa berat

Meningkatnya aliran darah yang berlebihan membuat kantung penis membengkak dan ukurannya yang tidak seimbang membuat kantung penis terasa lebih berat dari biasanya.


Bagaimana menyembuhkannya?

💡Tidak ada pengobatan khusus

Bagi beberapa anak dan remaja laki-laki bisa saja tidak memerlukan perawatan dan pengobatan khusus. Akan tetapi, bagi anak atau remaja yang memerlukan perawatan, maka dokter akan memberikannya sesuai dengan tingkat keparahannya.📈

✔️Obat-obatan dari dokter

Dokter akan memberikan obat-obatan💊 yang sekiranya dapat mengurangi nyeri. Selain itu, operasi juga dapat dilakukan jika pembengkakan mencapai lebih dari 20 persen. 

✍🏻Pemeriksaan intensif

Walaupun bukan penyakit yang membahayakan, ada baiknya anak dengan varikokel langsung dibawa ke dokter👩‍⚕️ untuk pemeriksaan lebih lanjut karena jika tidak, maka dapat berpotensi kemandulan.