post-title

Vaksin yang diperlukan Sebelum Hamil

Wanita yang hendak melakukan program hamil memerlukan vaksin. Fungsi vaksin yakni untuk melindungi tubuh dari penyakit dan juga agar kekebalan tubuh meningkat. Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), vaksin💉 akan diberikan menurut kondisi dan riwayat kesehatan masing-masing orang.


Mengapa harus vaksin?

👶Bermanfaat bagi ibu dan janin

Berbagai macam vaksin yang didapat akan membuat kekebalan tubuh meningkat dan tidak mudah terserang penyakit. Bagi yang sedang ingin menjalani program hamil, disarankan untuk mendapat vaksin agar saat hamil🤰 ibu dan janin sudah terlebih dahulu terlindungi.

✨Mencegah penyakit menular

Tubuh ibu hamil yang telah mendapat vaksin akan mengembangkan antibodi untuk melindungi janin sekaligus mengendalikan penyakit menular dari lingkungan sekitar. Maka dari itu, perlunya melakukan suntik vaksin untuk kesehatan ibu dan janin.😊

☘️Investasi kesehatan

Melakukan persiapan kesehatan sebelum terserang penyakit dengan suntik vaksin merupakan cara yang tepat untuk terhindar dari virus🦠 dan penyakit. Hal ini juga dapat dikatakan bahwa suntik vaksin juga menjadi salah satu cara berinvestasi pada tubuh kita.


Macam-macam suntik vaksin

📌Vaksin Tdap

Vaksin Tdap merupakan vaksin untuk tetanus, difteri, dan acellular pertussis. Vaksin ini berfungsi pada perlindungan bayi setelah lahir dari batuk rejan. Vaksin ini bisa diberikan saat sebelum hamil dan ketika kandungan berusia sekitar 20 minggu hingga 28 minggu.📅

📌Vaksin influenza 

Vaksin ini merupakan vaksin penting yang diperlukan sebelum hamil🤰 karena penyakit ini dapat berkembang menjadi penyakit lainnya. Anda bisa mendapatkan vaksin ini kapan saja karena tidak ada batasan usia kandungan.

📌Vaksin hepatitis B

Vaksin hepatitis B juga penting untuk diberikan sebelum atau ketika hamil. Hal ini karena apabila ibu hamil terserang hepatitis B, maka janin juga berisiko tertular virus hepatitis B.😞


Apa yang dapat terjadi jika tidak vaksin?

💡Kekebalan tubuh menurun

Badan yang tidak didukung dengan vaksin berarti perlindungan pada tubuhnya tidak ada atau berkurang. Maka jika tubuh tidak terlindungi, maka pastinya kekebalan tubuh akan menurun.

☁️Mudah terserang penyakit

Apabila kekebalan tubuh menurun akibat tidak mendapatkan vaksin, maka tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Hal ini pastinya tidak diinginkan karena jika sedang melakukan program hamil❤️, maka dibutuhkan tubuh yang kuat dan sehat untuk mempersiapkan tubuh.