post-title

Ejakulasi Dini bisa Diobati?

Ejakulasi merupakan keluarnya sperma dari penis. Keluarnya sperma biasanya terjadi setelah terjadi rangsangan seksual. Ejakulasi dini terjadi saat sperma keluar lebih cepat saat atau bahkan sebelum berhubungan seks❤️. Hal ini biasa terjadi, namun jika terjadi terus-menerus, perlu berkonsultasi kepada ahlinya.


Apa saja tanda dan penyebab ejakulasi dini?

💨Ejakulasi terjadi sangat cepat

Gejala yang paling mencolok dari ejakulasi dini yaitu keluarnya sperma yang bisa dihitung dalam hitungan detik⏲️ saat hubungan seksual dimulai atau bahkan sebelum dimulai. Pada intinya, pria yang mengalami ejakulasi dini tidak dapat mengontrol orgasme yang dirasakan.

👨Biologis pria

Pada dasarnya, tubuh masing-masing pria berbeda. Tingkat dan jumlah hormon, refleks untuk ejakulasi, dan tingkat neurotransmiter✨ yang tidak normal dapat memicu ejakulasi dini. Adanya kerusakan saraf, infeksi prostat, maupun masalah tiroid pada pria juga dapat menjadi penyebab ejakulasi dini.

❤️Gangguan psikologis

Ejakulasi dini juga terjadi karena gangguan psikologis seperti adanya trauma seksual, depresi, stres, tidak percaya diri, maupun perasaan bersalah kepada pasangan👩.

☁️Penyakit pemicu ejakulasi dini

Ada beberapa penyakit yang berisiko pada ejakulasi maupun ereksi pada pria. Aliran dan sistem saraf menuju penis memengaruhi gangguan tersebut. Penyakit-penyakit tersebut meliputi gangguan penyakit prostat, hormon, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.


Cara mengobati ejakulasi dini!

🏥Konsultasi dengan dokter

Dokter akan memeriksa dan memberikan pengobatan seperti pemberian obat ejakulasi dini yang diminum🥛 maupun krim dan penyemprot untuk membantu penundaan ejakulasi.

💭Terapi secara psikologis

Karena penyebab ejakulasi dini tidak hanya faktor biologis, maka perlu pengobatan atau solusi secara psikologis dengan cara berkonsultasi dengan dokter. Dokter👩‍⚕️ akan menyarankan beberapa teknik saat berhubungan dan juga terapi untuk mengurangi kecemasan, stres, maupun meningkatkan kepercayaan diri.

🦵Memperkuat otot dasar panggul

Otot dasar panggul berfungsi untuk mengontrol ejakulasi pada pria. Cara memperkuatnya adalah dengan mencari otot khusus yang bisa Anda kendalikan saat buang air kecil🧻 dengan cara ketika mengeluarkan urine, berhentilah sebentar beberapa detik, lalu lakukan kontraksi pada otot dasar panggul setidaknya tiga detik secara rutin dan tambahkan durasinya secara bertahap.

💡Gaya hidup sehat

Perubahan gaya hidup sehat juga dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman keras🍷, mencari kegiatan positif penghilang stres, dan memperbaiki dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan.