post-title

Makan Mie Instan saat Hamil, Boleh?

Mie instan merupakan makanan yang enak, praktis, dan bervariasi. Sayangnya, makanan ini tidak kaya akan nutrisi, dan juga tinggi kalori. Namun bagaimana dengan ibu hamil? Apakah ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi mie instan🍜?


Mie instan dan kandungannya

✨Tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan

Ibu hamil sebaiknya membatasi konsumsi mie instan karena nutrisi pada mie instan memang tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu dan buah hati. Perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa berdampak baik atau buruk bagi bayi yang dikandung👶.

🧂Tinggi garam dan pengawet

Mie instan tinggi akan kadar garam yakni 470 mg. Padahal, kebutuhan garam dalam satu hari hanyalah 1200 mg hingga 1400 mg. Sedangkan pengawet tambahan pada makanan pada mie instan masih tergolong aman, tetapi akan bermasalah jika mengonsumsinya terlalu sering😉. 

⚡Risiko darah tinggi

Kandungan natrium yang sangat tinggi dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat, terutama bagi orang yang telah memiliki hipertensi. Jika ibu hamil🤰 mengalami hipertensi, maka akan berisiko pada kehamilan dan mengganggu kesehatan ibu hamil dan bayi.


Mengonsumsi mie instan dengan bijak

😊Mengurangi bumbu mie instan

Jika memang ingin sekali mengonsumsi mie instan, maka alangkah baiknya jika mengurangi jumlah bumbu instan pada mie. Namun alangkah lebih baik jika membuat bumbu sendiri sebagai pengganti bumbu instan.

🥦Menambah sayuran

Kandungan karbohidrat pada mie instan🍜 sangat tinggi. Oleh sebab itu, menambahkan sayuran pada masakan Anda akan menambahkan cita rasa serta menambah nutrisi baik yang terkandung pada sayuran.

✔️Menambah protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin. Selain itu makanan dengan kandungan nutrisi baik lainnya juga dapat ditambahkan❤️.