post-title

Peran Asam Folat dalam Program Hamil

Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan bernutrisi baik sangatlah penting, khususnya asam folat. Asam folat✨ adalah salah satu nutrisi pada vitamin B. Asam folat berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan saraf dan otak bayi di dalam kandungan.


Kapan dan berapa jumlah yang tepat mengonsumsi asam folat?

🤰Sebelum hamil

Para ahli menganjurkan para wanita yang sedang dalam program hamil untuk mengonsumsi asam folat, dan juga saat sedang dalam masa subur. Asam folat penting untuk dikonsumsi untuk menghindari risiko perkembangan sumsum tulang belakang dan otak🧠 bayi yang tidak normal.

🌱Saat masa subur dan program hamil

Bagi wanita yang sedang dalam dalam masa subur atau sedang dalam program hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya.

🗓️Trimester pertama hingga trimester akhir

Ibu hamil yang memasuki trimester pertama disarankan📝 untuk mengonsumsi 400 mikrogram dan untuk trimester kedua sampai ketiga dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 600 mikrogram.

🤱Ibu menyusui

Jika bayi sudah lahir, ibu tetap harus mengonsumsi asam folat sebanyak 500 mikrogram demi perkembangan dan pertumbuhan bayi.


Apa sajakah fungsi asam folat bagi ibu hamil dan program hamil?

☘️Kesuburan meningkat

Tidak hanya baik untuk ibu hamil, manfaat asam folat juga untuk peningkatan kesuburan bagi wanita dan juga pria👩👨. Asam folat dapat membantu proses pembuahan dan juga memelihara fungsi ovarium.

👶Menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin

Ibu hamil yang menjaga konsumsi makanannya dengan nutrisi-nutrisi yang baik dapat membantu janin untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Asam folat berfungsi sebagai pendukung pembentukan organ dan jaringan tubuh bayi di dalam kandungan.

✔️Mengurangi risiko buruk melahirkan

Saat ibu mengonsumsi asam folat, maka risiko bayi lahir secara prematur dan keguguran berkurang. Tidak hanya itu, asam folat juga mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan bibir sumbing👄.


Makanan apa saja yang mengandung asam folat?

🥚Sumber asam folat dari hewan

Contoh makanan dari hewan yang kaya akan asam folat yaitu kuning telur, ikan, hati sapi, dan susu. Ikan yang kaya akan asam folat bagi ibu hamil diantaranya ikan salmon, ikan sarden🐟. Pastikan untuk mengonsumsinya agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

🍃Sumber asam folat dari tumbuhan

Sumber asam folat dari tumbuhan yaitu buah-buahan seperti pisang, pepaya, jeruk🍊, dan lainnya. Selain itu biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau juga kaya akan asam folat.