post-title

Puting Jadi Hitam saat Hamil?

Saat hamil, warna puting dapat berubah menjadi lebih gelap. Perubahan ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran terhadap kesehatan janin👶. Apakah perubahan warna puting berbahaya dan apa penyebabnya?


Perubahan warna puting selama kehamilan

✨Struktur dan fungsi payudara

Setiap wanita memiliki 2 puting yang berada di tengah-tengah payudara dan dikelilingi oleh area kulit yang lebih gelap, disebut areola. Di dalam areola terdapat folikel rambut berupa benjolan kecil yang berwarna pink, cokelat, atau merah❤️. 

🤔Apa yang menyebabkan puting menjadi lebih gelap saat hamil?

Saat hamil, terjadi perubahan hormon dan peningkatan produksi melanin dalam tubuh yang menyebabkan area puting menggelap. Sebenarnya, perubahan warna pada puting ini bermanfaat untuk membantu bayi👶 menemukan puting susu dengan lebih mudah ketika menyusu karena penglihatannya yang belum optimal. Perubahan pada puting biasanya mulai terjadi saat usia kehamilan menuju 12 minggu.


Tidak perlu terlalu khawatir pada perubahan warna puting

🙋Apakah harus dikonsultasikan ke dokter?

Perubahan warna pada puting bukan hal yang berbahaya, tetapi ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai apabila terjadi sehingga perlu dikonsultasikan ke dokter👩‍⚕️, seperti munculnya benjolan atau kemerahan pada payudara, keluarnya cairan putih atau kekuningan dari puting, payudara terasa gatal atau geli, puting mengelupas sampai terluka.   

💭Bagaimana cara mencegah perubahannya?

Perubahan warna puting saat hamil merupakan salah satu respons tubuh untuk persiapan menyusui sehingga tidak dapat dicegah. Akan tetapi, perubahan tersebut dapat diminimalkan dengan cara menghindari paparan sinar matahari☀️ secara langsung.

☘️Dapatkah warna puting kembali seperti semula?

Warna puting biasanya kembali normal setelah melahirkan, namun pada beberapa wanita, perubahan warna tersebut bersifat permanen. Perbedaan kondisi tersebut dipengaruhi oleh kadar hormon masing-masing dalam tubuh.

🔮Mitos atau fakta warna puting dapat menunjukkan jenis kelamin?

Salah satu mitos tentang kehamilan adalah keyakinan bahwa perubahan puting yang lebih gelap menandakan jenis kelamin janin yang dikandung adalah laki-laki🧒🏻. Padahal, perubahan warna puting disebabkan oleh hormon yang memengaruhi pigmentasi yang diproduksi di plasenta.


Tips merawat puting yang mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap

🧴Gunakan krim anjuran dokter

Ada berbagai pilihan krim untuk mengatasi perubahan warna pada puting. Namun, bagi ibu hamil, disarankan untuk menunggu rekomendasi dari dokter✍🏻 sebelum menggunakan krim tersebut guna menghindari risiko yang tidak diinginkan bagi janin dan ibu.

🍃Lindungi dari paparan cahaya matahari

Paparan cahaya matahari dapat merangsang produksi melanin sebagai bentuk perlindungan tubuh terhadap radiasi. Dampaknya, area puting menjadi lebih gelap akibat peningkatan melanin yang berlebihan.

💖Menjaga kestabilan mental

Stres dan emosi dapat memengaruhi perubahan hormon sehingga warna puting menjadi lebih gelap. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga keseimbangan mental dengan berada di lingkungan yang baik agar terhindar dari stres.🥰