post-title

Bau Badan saat Hamil

Merasa risih akibat bau tak sedap yang tercium dari badan merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Hal ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan interaksi sosial ibu dengan orang lain. Darimana asal bau badan💨 itu dan bagaimana cara mengatasinya? 


Apa yang menyebabkan bau badan muncul saat hamil?

🍴Pola makan yang berubah

Ibu hamil cenderung lebih sering mengonsumsi seafood dan bawang-bawangan yang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap. Bau badan yang muncul akibat konsumsi seafood perlu diperhatikan karena dapat menjadi pertanda adanya gangguan metabolisme.

👃Tubuh mudah berkeringat dan indra penciuman jadi lebih sensitif

Saat hamil, tubuh ibu menghasilkan lebih banyak keringat karena beberapa faktor seperti peningkatan berat badan dan suhu tubuh. Meskipun keringat pada dasarnya tidak berbau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri pada kulit, akan menghasilkan bau tak sedap. Adapun ibu hamil yang lebih peka terhadap bau rawan merasa mual🤢 dan muntah.

✨Perubahan pada hormon

Produksi keringat dipengaruhi oleh kadar hormon tiroid yang berperan dalam mengatur suhu tubuh. Perlu diperhatikan apabila kelenjar tiroid terlalu aktif karena bisa menjadi gejala dari penyakit Graves yang menyebabkan hipertiroidisme.

🤱Respons tubuh yang bersiap untuk menyusui

Aroma tubuh ibu dapat membantu bayi menemukan posisi payudara yang tepat saat menyusui karena pada saat bayi baru lahir, indra penglihatan dan pendengaran👂 mereka belum sepenuhnya berkembang.


Bagaimana cara mengatasi bau badan saat hamil?

🚿Lebih sering membersihkan diri

Untuk meminimalisir bau badan, ibu hamil dianjurkan untuk lebih sering mandi agar lebih nyaman saat beraktivitas. Selain itu, penggunaan parfum, deodoran, dan losion juga diperbolehkan asal memerhatikan komposisinya terlebih dahulu agar keamanan terjamin.

✅Merawat kebersihan area vagina

Merawat kebersihan area vagina sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan kadar bakteri dan pH di sana. Disarankan untuk mencukur rambut yang ada di daerah kelamin untuk meminimalisir terjebaknya bakteri dan keringat di kulit.😉

📌Hindari mengenakan pakaian ketat

Agar merasa nyaman saat hamil, penting bagi ibu untuk memilih pakaian yang tepat. Sebaiknya gunakan pakaian berbahan kaos👚 atau katun yang mudah menyerap keringat untuk meminimalisir bau tak sedap. Ketika pakaian sudah basah oleh keringat, ibu dianjurkan untuk segera menggantinya.

🥛Mengatur pola makan dan konsumsi air yang cukup

Bau tak sedap dapat bersumber dari makanan yang dikonsumsi seperti bawang-bawangan dan daging merah. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran🥬 berdaun hijau untuk meminimalisir bau tak sedap pada tubuh. Selain itu, asupan air yang cukup juga penting untuk membantu tubuh membuang racun.


Risih karena badan mengeluarkan bau tak sedap saat hamil

🙋Apakah bau badan hal yang biasa terjadi pada ibu hamil?

Dilansir dari Cardiovascular Journal Of Africa, ibu hamil🤰 memiliki suplai darah 50% lebih tinggi daripada wanita pada umumnya. Kondisi ini menyebabkan tubuh ibu hamil jadi lebih mudah berkeringat dan mengeluarkan bau tak sedap. Selain itu, bau semakin tercium karena indra penciuman yang lebih sensitif saat hamil.

👩‍⚕️Kapan ibu hamil perlu melakukan konsultasi ke dokter?

Jika ibu sudah melakukan tips dan trik di atas tetapi bau badan justru semakin parah, sebaiknya ibu segera melakukan konsultasi ke dokter. Selain itu, perubahan pada bau badan dan keringat yang muncul berlebih secara tiba-tiba dapat menjadi pertimbangan penting bagi ibu untuk mencari nasihat medis.✍🏻