post-title

Nyeri saat Berhubungan Seks?

Hubungan seksual pasangan akan terasa menyenangkan dan menggairahkan jika salah satu pihak tidak merasakan sakit atau kurang nyaman, terutama wanita. Tidak jarang wanita merasa sakit saat melakukan hubungan intim dan mengganggu keintiman. Apakah hal ini normal? Mari simak bahasannya berikut ini.👩👨


Tanda nyeri seks yang normal

☁️Kurangnya pengalaman

Merasakan nyeri saat berhubungan seksual akan dianggap normal jika tidak sering terjadi. Jika jarang merasakan nyeri, maka itu bisa berarti bahwa adanya pengalaman yang kurang dan masih belum menemukan kenyamanan, serta posisi yang tepat saat berhubungan.

💭Kurangnya foreplay

Selain posisi seks yang kurang nyaman, foreplay juga bisa menjadi salah satu faktornya. Foreplay dimaksudkan untuk merangsang timbulnya gairah seksual, sehingga akan terasa lebih nyaman saat berhubungan intim. Jika kurang melakukan foreplay saat berhubungan, maka rasa nyeri⚡ atau sakit yang muncul merupakan hal yang normal.


Tanda-tanda nyeri saat berhubungan yang tidak normal

🙋Nyeri saat penetrasi awal

Jika penetrasi yang biasanya terasa menyenangkan tiba-tiba berubah terasa sakit dan nyeri, atau jika Anda tidak hanya merasakan sakit yang biasanya, tapi rasa nyeri yang mendalam maka, hal ini merupakan tanda ada hal yang tidak normal. Sehingga, hal ini harus diwaspadai🚨.

💡Rasa nyeri saat berhubungan seksual

Jika Anda merasakan rasa sakit dan nyeri saat sedang berhubungan seksual dengan pasangan padahal biasanya tidak terasa dan tidak ada rasa sakit yang dirasakan, atau jika saat memasukkan tampon ke dalam vagina terasa nyeri, jika hal ini terus menerus terjadi, maka disarankan untuk memeriksakannya ke dokter👩‍⚕️ untuk berkonsultasi.


Apa penyebab rasa sakit saat berhubungan dan bagaimana mengatasinya?

❤️Alasan psikologis

Saat merasakan kesakitan, alasannya tidak hanya karena ada kesalahan di dalam tubuh, namun adanya faktor psikologis yang memengaruhi, seperti stres, adanya pelecehan secara seksual yang pernah dialami yang menyebabkan trauma. 

📝Penyakit pada tubuh

Penyakit yang dapat memicu rasa sakit saat berhubungan yaitu penyakit radang panggul, adanya masalah pada serviks, infeksi vagina, tumor, dan lainnya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera mencari bantuan pada dokter🏥 yang dapat menangani masalah tersebut dengan tepat.