post-title

Efek Douching Vagina bagi Kesuburan

Menjaga kebersihan dan kesehatan dilakukan wanita tidak hanya dengan membersihkan badan, tetapi juga membersihkan vagina. Banyak iklan di layar kaca yang memperkenalkan produk untuk menjaga kesegaran dan kebersihan vagina. Selain produk tersebut, ada juga cara lain yaitu douching. Berikut bahasan selengkapnya.


Pengertian dan cara douching pada vagina

✨Teknik membasuh untuk membersihkan vagina

Douching adalah teknik membersihkan area vagina dengan cara membasuh, tetapi menggunakan cairan kimia dalam tabung. Tabung ini berukuran kecil dan di dalamnya terdapat cairan berbahan kimia dan wewangian. Biasanya cairan ini memiliki kandungan seperti baking soda, pewangi🌺, antiseptik, air, cuka.

💨Disemprotkan ke area vagina

Douching vagina ini dilakukan dengan cara menyemprotkan atau memasukkan selang semprotan yang ada di kantong ke vagina. Hal ini dilakukan bertujuan untuk membersihkan serta memberikan kesegaran pada vagina.

📝Pendapat para ahli

Meskipun sudah banyak wanita yang telah mencoba cara ini dan memberikan komentar positif, namun justru para ahli tidak menganjurkannya. Belum ada bukti secara ilmiah terkait manfaat douching dan justru memiliki beberapa risiko💡.


Risiko melakukan douching vagina

☁️Sistem reproduksi rusak dan menghambat program hamil

Risiko terbesar dari douching yakni mengalami gangguan kesuburan. Cairan untuk mempertahankan sperma pada vagina akan kurang sehingga pembuahan akan sulit terjadi. Selain itu, jika seseorang rutin melakukan douching, maka kemungkinan besar berisiko mengalami kehamilan di mana janin👶 akan tumbuh tidak di dalam rahim, tetapi di luar rahim.

🦠Terinfeksi bakteri

Douching justru tidak membuat vagina Anda akan menjadi bersih, namun justru berisiko untuk terinfeksi bakteri karena douching dapat memicu bakteri jahat tumbuh di vagina. Jika hal ini terjadi, maka berisiko terkena infeksi bakteri vaginosis, di mana infeksi ini akan memengaruhi kesuburan🌱 pada wanita.

📌Terserang beberapa penyakit

Teknik douching ini justru berisiko menimbulkan beberapa penyakit seperti radang panggul. Bakteri jahat yang tumbuh di vagina akan masuk ke dalam rahim hingga indung telur. Selain itu, douching juga dapat memicu penyakit menular seksual karena douching akan menutupi gejala-gejala penyakit seksual. Akibatnya pengobatan tidak dapat segera dilakukan.


Cara membersihkan vagina dengan aman

😉Bau pada vagina itu normal

Banyaknya produk-produk yang bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan bau sangat diminati para wanita👩. Padahal, bau pada vagina itu normal adanya dan justru sebagai pertanda apakah kondisi vagina sehat atau tidak. 

🌊Membersihkan vagina hanya dengan air

Para wanita tidak perlu membersihkan vagina menggunakan beberapa bahan kimia karena faktanya saat membersihkan vagina hanya cukup menggunakan air saja. Vagina memiliki sistem sendiri untuk membersihkan secara alami.