post-title

Bentuk Kaki O pada Anak

Orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak-anak mereka dari segala aspek. Namun, seringkali muncul kekhawatiran terhadap kondisi fisik anak, termasuk bentuk kaki O🦵 yang kerap terjadi. Oleh karena itu, muncul pertanyaan apakah kondisi ini berbahaya atau tidak bagi anak?


Memahami bentuk kaki O pada anak

🤔Apa itu bentuk kaki O pada anak?

Ketika seorang anak berdiri, terkadang terlihat kedua tungkainya melengkung ke luar, kondisi inilah yang disebut dengan genu varum atau bentuk kaki O.

🚨Apakah berbahaya?

Bentuk kaki O pada anak sebenarnya merupakan kondisi yang wajar terjadi dan biasanya akan membaik ketika anak berusia 18-24 bulan🗓️. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini. Meski demikian, jika kondisi tidak membaik, orang tua perlu mengonsultasikannya ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

🏥Kapan perlu melakukan konsultasi ke dokter?

Orang tua dapat mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi ke dokter apabila setelah umur 2 tahun, kondisi bentuk kaki O pada anak tidak membaik dan hanya terjadi pada salah satu kaki saja yang menyebabkan rasa sakit hingga membuat anak pincang ketika berjalan🚶‍♀️. 


Apa yang menyebabkan bentuk kaki O pada anak?

✨Rakitis

Rakitis terjadi akibat kekurangan asupan vitamin D dalam tubuh. Kondisi ini membuat tulang menjadi lemah sehingga tungkai tampak melengkung ke luar membentuk huruf O.

☁️Dwarfisme

Dwarfisme adalah kondisi ketika tubuh terlihat pendek akibat adanya kelainan yang terjadi pada pertumbuhan jaringan tubuh. Gangguan pada tulang🦴 yang disebabkan oleh penyakit ini disebut dengan achondroplasia yang menyebabkan bentuk kaki O.

✨Paget

Penyakit Paget merupakan kondisi yang jarang ditemukan pada anak-anak. Apabila terjadi pada anak, penyakit ini dapat menjadi tanda adanya kelainan metabolik dalam tubuh yang membuat tulang tumbuh secara tidak normal dan lemah sehingga tungkai🦵 tampak bengkok membentuk huruf O.

☁️Blount 

Kelainan pertumbuhan tulang tungkai yang dikenal dengan penyakit Blount dapat memengaruhi persendian lutut. Salah satu faktor penyebab anak menderita penyakit ini adalah terlalu cepat belajar berjalan dan kelebihan berat badan. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, idealnya anak👧🏻 belajar berjalan pada usia 11 hingga 14 bulan.


Tips mencegah dan mengatasi bentuk kaki O pada anak

✅Cara mencegah bentuk kaki O pada anak sejak dini

Bentuk kaki O pada anak dapat dicegah dengan memastikan terpenuhinya kebutuhan asupan vitamin D yang bisa didapat dari makanan seperti hati, ikan berlemak, dan susu🥛. Orang tua juga perlu menjaga berat badan anak tetap stabil untuk mengurangi risiko anak kelebihan berat badan yang bisa menyebabkan kondisi kaki O terjadi berkelanjutan.

✔️Cara mengatasi bentuk kaki O pada anak 

Menggunakan alat bantu penyangga kerangka seperti casts atau braces dapat membantu menangani kondisi bentuk kaki O pada anak agar membaik secara bertahap. Selain itu, penggunaan sepatu khusus hingga operasi👩‍⚕️ dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuk tulang kaki dan tungkai apabila kondisi sudah parah.