post-title

Hal Penyebab Kemandulan

Banyak pasangan yang mengalami kesulitan untuk memiliki anak setelah bertahun-tahun menikah karena kemandulan. Meskipun ada banyak faktor yang menyebabkan kemandulan, namun masih ada beberapa cara untuk mengatasinya.💡


Mengenal lebih dalam kemandulan

💭Apa itu kemandulan dan bagaimana cara mendiagnosisnya?

Kemandulan terjadi saat ada hambatan pada proses pembuahan sehingga kehamilan sulit terjadi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kemandulan seperti pemeriksaan sperma, genetik, hormon✨, melakukan USG testis, atau biopsi testis, sedangkan pada wanita dapat dilakukan tes hormon, tes ovulasi, pemindaian, histerosalpingografi, atau pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium.

👶Apakah penderita kemandulan dapat memiliki keturunan?

Berbagai cara penanganan kemandulan telah diketahui berdasarkan penyebabnya. Namun, ada pula kondisi kemandulan yang belum dapat didiagnosis penyebabnya sehingga tidak semua kasus kemandulan dapat diatasi. Oleh karena itu tidak semua penderita kemandulan dapat memiliki keturunan.

📝Hal-hal yang dapat meningkatkan risiko kemandulan

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kemandulan, di antaranya adalah kebiasaan merokok, menikah di usia yang terlalu tua, penggunaan NAPZA, berlebihan minum minuman beralkohol🍷, terapi radiasi untuk kanker, riwayat diabetes, obesitas, dan gangguan makan.

🏥Prosedur pengobatan kemandulan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah kemandulan, seperti metformin, mesterolone, clomifene, bromocriptine, gonadotropin, dan GnRH. Penggunaan teknologi yang semakin canggih, seperti bayi tabung dan inseminasi buatan juga dapat digunakan untuk meningkatkan peluang hamil🤰.


Waspada kemandulan

✅Kenali gejala kemandulan

Jika pasangan sudah berupaya untuk memiliki keturunan namun belum juga berhasil dalam waktu yang lama, perlu diwaspadai gejala-gejala tertentu. Pada wanita, gejala tersebut dapat terlihat dari haid yang tidak teratur dengan darah haid yang berwarna pucat maupun gelap, mengalami masa menopause, rasa sakit⚡ saat berhubungan seks, serta mengalami endometriosis.

🙋Kapan perlu melakukan konsultasi ke dokter?

Pasangan dapat mempertimbangkan untuk melakukan konsultasi ke dokter👩‍⚕️ apabila sudah melakukan upaya selama 1 tahun tetapi belum juga berhasil hamil. Apalagi bagi wanita yang sudah berusia 35 tahun ke atas, mempunyai faktor risiko mandul, atau pernah berturut-turut keguguran sebanyak dua kali maupun lebih.


Penyebab kemandulan pada pria dan wanita

👨Gangguan hormonal pada pria

Gangguan hormonal yang biasanya terjadi pada pria diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti tumor hipofisis, kelebihan hormon testosterone atau estrogen, mengalami sindrom Cushing atau Kallman, mengalami hiperplasia adrenal kongenital, atau menggunakan steroid dalam jangka panjang. Faktor tersebut dapat mengganggu kerja kelenjar pituitari dan hipotalamus.

📌Gangguan pada fungsi testis dan ejakulasi

Gangguan pada fungsi testis dan ejakulasi dapat terjadi apabila pria mengalami cedera pada testis, infeksi, kriptorkismus, pembengkakan pembuluh darah dalam testis, kecanduan alkohol, kebiasaan merokok🚬, sedang menjalani pengobatan kanker, menggunakan narkoba, atau mempunyai penyakit tertentu.

👩Gangguan pada sistem reproduksi perempuan

Gangguan pada fungsi ovarium dapat terjadi apabila wanita mengalami PCOS✨, menopause yang terlalu cepat, atau gangguan pada fungsi hipotalamus. Adapun kelainan pada rahim dan serviks yang dapat menyebabkan kemandulan seperti perlengketan rahim dan radang rahim, sedangkan radang panggul dan pecahnya usus buntu dapat mengakibatkan gangguan pada tuba falopi.