post-title

Sperma Kosong?!

Meski sudah melakukan berbagai upaya, ada beberapa pasangan yang belum bisa memiliki keturunan karena beberapa kondisi tertentu. Salah satunya yang perlu diwaspadai adalah azoospermia atau sperma kosong pada laki-laki👨 yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil.


Waspada azoospermia!

❓Apa itu azoospermia?

Azoospermia adalah kondisi ketika air mani yang dikeluarkan pria saat ejakulasi tidak mengandung sperma. Meski kondisi ini jarang terjadi, namun tetap perlu diwaspadai🚨 karena dapat menyebabkan infertilitas pada pria.

🙋Bagaimana cara mendiagnosis azoospermia?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis azoospermia, seperti pemeriksaan fisik dan pengukuran kadar hormon melalui tes darah. Jika hasil tes darah normal, dokter👩‍⚕️ dapat melanjutkan dengan USG skrotum, pembedahan, atau MRI. Apabila tidak ditemukan adanya penyumbatan pada saluran sperma, opsi terakhir adalah melakukan tes genetik.

💭Apa yang harus dilakukan apabila pengidap azoospermia ingin memiliki keturunan?

Ketika pria mengalami azoospermia, kehamilan tidak mungkin terjadi karena tidak ada sperma yang dapat membuahi sel telur🥚. Namun, terdapat beberapa opsi untuk mengatasi kondisi sperma kosong berdasarkan penyebabnya, seperti pengobatan untuk saluran sperma yang tersumbat atau terapi hormon untuk menangani gangguan hormon.

🤔Adakah gejala yang muncul ketika seseorang mengidap penyakit azoospermia?

Penderita azoospermia tidak menunjukkan gejala spesifik, namun kecurigaan terhadap penyakit ini terkadang muncul ketika pasangan kesulitan memiliki momongan. Jika azoospermia disebabkan oleh masalah hormon✨, beberapa tanda mungkin muncul seperti disfungsi ereksi, kurangnya gairah ketika berhubungan seks, atau tidak tumbuhnya kumis.


Apa ya penyebabnya?

📌Pra-testis

Pra-testis merupakan kondisi ketika pria👨 mengalami gangguan produksi sperma karena adanya kerusakan pada hipotalamus, gangguan hormon, atau efek samping kemoterapi, meskipun hasil pemeriksaan menunjukkan tidak ada kelainan pada testis.

📌Testis

Produksi sperma terganggu karena adanya gangguan pada struktur testis. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan tersebut adalah kondisi ketika testis tidak ada atau tidak menghasilkan sperma😞. Ada pula faktor yang memengaruhi seperti infeksi, kanker, terapi radiasi, dan sindrom Klinefelter. 

📌Pasca-testis

Pasca-testis adalah kondisi ketika produksi sperma pada pria terganggu karena terjadi sumbatan pada saluran keluar yang bisa disebabkan oleh hilangnya sambungan pada epididimis, ejakulasi retrograde, atau vasektomi.