post-title

Tips Rahim Sehat!

Meskipun otot rahim merupakan salah satu otot terkuat dalam tubuh, wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan tetap perlu memerhatikan kesehatan rahim mereka dengan lebih serius sebagai persiapan tempat tinggal🏠 janin selama 9 bulan ke depan.


Calon rumah yang sehat untuk janin

🍴Pilihan makanan yang dianjurkan untuk kesehatan rahim

Beberapa opsi makanan yang disarankan untuk meningkatkan kesehatan rahim antara lain alpukat, kedelai, buah beri, yoghurt, jahe, apel🍎.

👀Memantau kesehatan rahim

Menurut The American Cancer Society, melakukan pemeriksaan papsmear secara rutin setiap 3 tahun sekali📅 perlu dilakukan untuk mencegah gangguan pada rahim. Pemeriksaan papsmear dilakukan dengan mengambil sampel sel dari leher rahim untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada sel.


Tips menjaga kesehatan rahim

✨Merawat kebersihan vagina

Untuk menjaga kesehatan vagina, Mayo Clinic tidak menganjurkan penggunaan pembersih khusus karena dapat meningkatkan risiko iritasi dan infeksi. Lebih baik menjaga area vagina tidak lembab untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, perlu dihindari menahan buang air kecil🚽 terlalu sering karena dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

🪑Menghindari terlalu lama berada di posisi duduk

Terlalu lama berada di posisi duduk dapat meningkatkan risiko terjadinya endometriosis, Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan dinding rahim tumbuh di luar rahim karena adanya hambatan aliran darah yang menyebabkan penebalan dinding rahim.

💤Memerhatikan kualitas tidur yang baik

Menjaga pola tidur yang baik dapat menjaga stabilitas hormon dan mencegah stres yang dapat berdampak pada kesuburan. Tidur🛏️ dan bangun pada jam yang sama merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

✔️Menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat

Pola makan dan hidup sehat dapat menjaga berat badan ideal untuk mencegah gangguan ovulasi. Hindari makanan kemasan dan minuman beralkohol yang memengaruhi kesuburan. Perbanyak porsi sarapan juga dianjurkan untuk menurunkan resistensi insulin pada wanita dengan berat badan normal dengan kista rahim. Lengkapi pula pola hidup sehat dengan berolahraga dan tidak merokok🚬.