post-title

Sperma Encer Tanda Tidak Subur?

Pasangan yang ingin memiliki anak kadang khawatir ketika pria mengeluarkan air mani yang lebih encer dan tidak kental daripada biasanya saat ejakulasi. Apakah keluarnya sperma yang encer perlu diwaspadai🚨?


Mitos atau fakta?

🌱Apakah sperma encer berarti tidak subur?

Perubahan warna, bau, dan jumlah sperma yang dikeluarkan pria setiap ejakulasi merupakan hal yang wajar. Meski begitu, hal tersebut perlu diwaspadai karena dapat menjadi indikasi rendahnya jumlah sperma sehingga dapat dikaitkan dengan ketidaksuburan.

🍃Apa saja yang menandai sperma sehat?

Biasanya, sperma yang sehat berwarna putih, kekuningan, atau keabuan☁️. Teksturnya lengket dan akan berubah menjadi lebih cair dalam waktu 30-40 menit untuk mempermudah proses membuahi sel telur. Rata-rata pria mengeluarkan sperma sekitar 2 hingga 5 ml setiap ejakulasi.


Apa yang menyebabkan sperma menjadi encer?

⏲️Frekuensi ejakulasi yang terlalu sering

Ejakulasi berulang dalam satu hari dapat menyebabkan sperma menjadi lebih encer. Memberikan waktu jeda selama beberapa hari dapat membantu mengembalikan tekstur sperma seperti semula.

😞Sedikitnya jumlah sperma

Sperma encer adalah tanda kurangnya jumlah sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi. Hal ini dapat disebut dengan oligospermia, yaitu jumlah sperma yang dihasilkan kurang dari 15 juta per mililiter.

📌Pre-ejakulasi atau mengalami ejakulasi retrograde

Pre-ejakulasi, yang sering terjadi pada awal hubungan intim, sering disalahpahami sebagai sperma encer. Selain itu, kondisi yang mungkin terjadi pada pria adalah kelainan pada kandung kemih atau disebut juga dengan ejakulasi retrograde yang menyebabkan arus balik🌊 cairan sperma sehingga yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

💡Tubuh kekurangan zinc

Kurangnya zinc dalam tubuh dapat menyebabkan sperma menjadi encer saat ejakulasi karena tubuh jadi terpicu untuk memproduksi antibodi terhadap sperma sehingga menganggapnya sebagai benda asing yang harus dihancurkan. Akibatnya, jumlah sperma yang dihasilkan menjadi berkurang.


Bagaimana cara mengatasi sperma yang keluar encer?

✅Hindari terlalu sering ejakulasi dalam 1 hari

Waspada terlalu sering melakukan ejakulasi dalam sehari📅 karena dapat menurunkan kualitas sperma. Sebaiknya, beri waktu selang beberapa hari melakukan ejakulasi untuk menunggu perkembangan sperma hingga siap dikeluarkan untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

🍴Menjaga pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat dengan memerhatikan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh dapat meningkatkan kualitas sperma. Dianjurkan untuk mengonsumsi protein yang cukup dan melakukan konsultasi dengan dokter👩‍⚕️ mengenai makanan apa saja yang baik untuk menjaga kualitas sperma agar sesuai dengan kondisi Anda. 

✋Gunakan pakaian dalam yang nyaman

Memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dapat meningkatkan suhu tubuh di area vital pria sehingga kinerja testis dalam memproduksi sperma menjadi terganggu. Akibatnya, jumlah sperma yang dikeluarkan lebih sedikit dari kadar normalnya.

✔️Hindari terlalu cepat mengeluarkan sperma

Menjaga durasi agar tidak terlalu cepat ejakulasi penting diperhatikan guna meningkatkan produksi hormon testosteron dalam tubuh serta meningkatkan kualitas sperma. Dengan demikian, potensi seksual❤️ menjadi lebih optimal dan libido menjadi lebih kuat.