post-title

Tips Hamil untuk Haid Tidak Teratur!

Salah satu cara untuk dapat melakukan program hamil yakni mengetahui masa subur wanita. Akan tetapi, banyak wanita yang mengalami masa menstruasi yang tidak teratur dan merasa kesulitan untuk menghitung🗓️ masa subur. Mengapa masa haid tidak teratur, dan bagaimana cara menghitung masa subur? Berikut penjelasan lengkapnya.


Tips perhitungan masa haid

💡Masing-masing wanita berbeda masa haidnya

Siklus normal untuk haid yang teratur yakni 28 hari setiap bulan. Sehingga, masa subur yang normal terjadi saat hari ke-14 dari masa menstruasi. Akan tetapi masa subur wanita dapat berbeda dan tidak semuanya sama.

🏥Konsultasi pada dokter

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat juga menjadi indikasi terjadinya ketidaksuburan pada wanita. Akan tetapi hal ini juga belum tentu benar. Maka dari itu, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter👩‍⚕️ agar mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat penanganan yang tepat terkait siklus haid yang selalu berubah-ubah.  


Tips menghitung masa kehamilan saat haid tidak teratur

✍🏻Perhitungan sederhana

Jika masa siklus haid terjadi sekitar 35 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke-21 dan haid paruh kedua akan terjadi saat 14 hari. Sehingga, perhitungannya adalah hari masa subur dikurangi 14. Hasil pengurangan tersebut merupakan hari pertama haid terakhir.

📝Hasil USG

Cara memeriksa kehamilan🤰 lainnya jika sama sekali tidak mengetahui siklus haid yaitu melalui pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini dapat mengetahui panjang janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin sesuai perkembangannya. Pemeriksaan ini lebih akurat saat menentukan masa kehamilan pada trimester awal.


Tips atasi haid yang tidak teratur!

☘️Menjaga badan yang ideal

Perubahan yang signifikan dapat mengganggu kelancaran masa haid. Terlebih jika mengalami obesitas. Maka, disarankan untuk selalu menjaga berat badan⚖️ Anda pada berat badan yang sesuai dengan bentuk tubuh.

🧘🏻‍♀️Melakukan yoga secara rutin

Olahraga yoga diyakini sebagai salah satu olahraga yang dapat membantu perawatan bagi wanita pengidap PCOS. Selain itu, melakukan yoga juga sangat baik untuk menjaga dan membentuk tubuh yang sehat.

✔️Pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, namun juga dapat menormalkan siklus haid yang sebelumnya tidak teratur. Pola hidup sehat saat bermanfaat untuk menjaga metabolisme hormon✨, sehingga program hamil dapat dilakukan dengan lancar.