post-title

Tidak Hamil tapi Hasil Test Pack Positif?

Melihat hasil test pack yang menunjukkan hasil positif merupakan suatu kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang memang mendambakan buah hati. Namun, tidak jarang ditemui saat diperiksa ke dokter, hasil kehamilannya justru negatif atau tidak hamil😞. Bagaimana hal ini terjadi? Mari simak penjelasannya.


Test pack dan cara kerjanya

✨Pemeriksaan hCG (human Chorionic Gonadotropin)

Hormon hCG merupakan hormon yang terproduksi saat sperma membuahi sel telur yang menempel di dinding rahim. Sehingga, tingkat hCG akan semakin tinggi saat hamil. Melakukan tes hamil melalui test pack yaitu dengan cara mendeteksi dari urin. Test pack dipercaya mempunyai keakuratan tinggi dalam pendeteksian kehamilan.

⏲️Waktu yang tepat untuk tes

Melakukan pengecekan kehamilan dengan test pack akan lebih akurat jika dilakukan di pagi hari setelah bangun pagi🛏️. Jika didapat hasilnya positif, maka kemungkinan hamil menjadi besar. Disarankan untuk langsung memeriksanya ke dokter untuk mendapat hasil yang lebih pasti.

📝Keakuratan test pack 

Menurut beberapa ahli, test pack dipercaya memiliki keakuratan 97 hingga 99 persen saat mendeteksi kehamilan melalui urin🚽. Sehingga agar lebih akurat, pastikan untuk melakukan pemeriksaan dengan test pack pada pagi hari agar hasilnya lebih baik.


Hasil positif tetapi tidak hamil

🚨Kesalahan penggunaan

Bagaimana jika tidak hamil, tetapi hasil test pack positif? Banyak alasannya seperti kemungkinan Anda tidak melakukan sesuai instruksi yang benar maupun memakai test pack yang telah kedaluwarsa.

☁️Mengalami keguguran

Beberapa kasus menunjukkan bahwa Anda memang benar hamil, namun dikarenakan satu dan lain hal mengalami keguguran pada awal kehamilan yang bahkan sebelum mengetahui bahwa Anda hamil🤰. Hal ini dikarenakan adanya kelainan kromosom yang telah dibuahi pada sel telur.

🍃Kesehatan tubuh

Ada kemungkinan Anda mengalami keguguran yang baru saja terjadi sehingga jumlah hormon hCG masih tinggi. Kemungkinan lainnya yaitu terjadinya kehamilan di luar rahim, mengidap penyakit gonadoblastoma, penyakit Adenomiosis, dan lainnya.

💊Obat kesuburan

Bagi pasangan yang telah menemui dokter untuk berkonsultasi terkait program hamil, maka biasanya akan diberikan obat kesuburan sebagai penunjang program. Akan tetapi, obat tersebut dapat menimbulkan kehamilan palsu saat tes melalui test pack. Agar lebih pastinya, selalu periksa ke dokter🏥 untuk hasil lebih rinci dan pasti.