post-title

Pembekuan Sel Telur? Apa itu?

Pada zaman modern ini, banyak wanita yang ingin menunda kehamilan, namun tetap ingin memiliki anak. Akan tetapi, tidak dipungkiri kesuburan wanita akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Salah satu solusinya yaitu dengan cara membekukan sel telur🥚. 


Pengertian dan tujuan pembekuan sel telur

✅Metode untuk menyelamatkan sel telur

Pembekuan dilakukan agar kemampuan hamil pada wanita lebih panjang. Sel telur akan dibekukan dan disimpan. Jika ingin hamil🤰, maka sel telur tersebut akan dicairkan dan dipertemukan dengan sperma dengan pembuahan IVF. 

💭Banyak alasan mendasar

Tidak sedikit wanita yang memiliki pertimbangan untuk melakukan hal ini, seperti sedang menjalani pengobatan tertentu, ingin memiliki sel telur sehat saat berusia muda, maupun adanya alasan kesuburan🌱.


Apa manfaat sel telur yang dibekukan?

☘️Sel telur yang sehat dan muda

Salah satu manfaat pembekuan sel telur adalah memiliki kesempatan yang panjang untuk memiliki sel telur yang masih muda dan sehat, sehingga di kemudian hari saat usia bertambah, sel telur akan tetap muda dan sehat. Sehingga, kekhawatiran akan kesuburan wanita karena usia dapat berkurang.

✔️Sel telur terhindar dari risiko penyakit

Bagi wanita yang memiliki beberapa penyakit yang kemungkinan dapat merusak kesehatan sel telur, maka pembekuan sel telur menjadi solusi. Anda dapat lebih dulu mengambil sel telur sehat Anda sebelum melakukan pengobatan, karena radiasi⚡ atau kemoterapi dapat merusak sel telur.


Apa saja yang harus dilakukan?

👩‍⚕️Mencari dokter ahli

Saat memutuskan untuk melakukan pembekuan sel telur, ada baiknya untuk mencari-cari dokter yang memang sudah berpengalaman dalam penanganannya. Baik biaya💸, letak rumah sakit, hingga dokter. Sebaiknya mencari dokter dengan ahli endokrinologi reproduksi. Data dokter maupun rumah sakit dapat dicari di situs IDI.

📌Perangsang sel telur

Sebelum dilakukan pengambilan sel telur untuk dibekukan🧊, dokter perlu menstimulasi sel telur agar dapat menghasilkan banyak sel telur dengan cara mengonsumsi berbagai obat.

🤏Sel telur diambil

Setelah sel telur dirasa cukup dan sehat, maka sel telur akan diambil dengan alat USG yang dimasukkan pada vagina dengan tujuan melihat folikel. Alat hisap akan dihubungkan dengan jarum untuk mengambil sel telur. 

🧊Sel telur dibekukan

Setelah diambil, sel telur akan dibekukan pada suhu yang rendah agar awet dan dapat digunakan di masa depan. Biasanya dokter👩‍⚕️ melakukan pembekuan dengan cara vitrifikasi, yakni menggunakan zat berkonsentrasi tinggi guna mencegah sel telur mengkristal saat dibekukan.