post-title

Bagaimana Merawat Kuku saat Hamil?

Bagi wanita yang sedang hamil maupun tidak, perawatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang penampilan dan juga menjaga kesehatan. Salah satunya dengan merawat kuku. Merawat kuku✋ juga tidak kalah penting karena pertumbuhan kuku dan rambut khususnya saat hamil akan berbeda dengan saat sebelum hamil.


Pertumbuhan dan perawatan kuku secara natural

🤰Kuku lebih cepat panjang saat hamil

Saat hamil, hormon pada wanita akan menumpuk. Hal ini menyebabkan kuku dan rambut cenderung tumbuh lebih cepat daripada sebelum hamil. Akan tetapi, walaupun pertumbuhan kuku lebih cepat, kuku akan lebih mudah rapuh. Kerapuhan ini tidak selamanya terjadi, tapi sementara😉. Jika jumlah hormon normal kembali, kuku juga akan kembali tumbuh normal.

🍲Perawatan kuku dari makanan

Wanita hamil diharuskan untuk makan makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Agar kuku tidak mudah patah, disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi B-kompleks seperti telur, kacang-kacangan, pisang🍌, dan lainnya. B-kompleks dapat menjaga kuku dari kerapuhan.


Bahan kimia perawatan kuku

✨Manikur dan pedikur

Bagi banyak wanita, manikur dan pedikur bukan hal yang awam saat perawatan kuku. Hanya saja, saat hamil harus lebih berhati-hati melakukannya karena biasanya manikur dan pedikur menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan janin di dalam kandungan👶.

💅Pemakaian kutek

Menurut ahli, ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan kuteks karena kandungan kimia pada kuteks. Kuteks biasanya mengandung kandungan kimia yang berisiko pada kecerdasan anak di masa mendatang. Jika memang ingin sekali menggunakan kuteks, usahakan untuk usahakan untuk tidak menggunakannya di ruang tertutup agar tidak terhirup💨. 

☁️Bahan kimia lainnya

Bahan kimia seperti Dibutyl phthalate (DBP), Toluene, dan Formaldehyde dapat meningkatkan risiko reproduksi, sistem endokrin, dan juga organ. Selain itu, bahan kimia tersebut dikhawatirkan masuk ke dalam tubuh melalui penyerapan kulit, pernapasan karena terhirup, maupun karena tidak sengaja tertelan.


Tips aman saat perawatan!

📌Cat kuku non-kimia

Jika memang ingin sekali mengecat kuku, pastikan bahan cat kuku yang Anda gunakan tidak mengandung racun yang dapat membahayakan janin. Akan tetapi, para ahli menyarankan sebaiknya kuku dijaga supaya tetap bersih dan kering🥰.

☘️Kebersihan tempat

Pastikan salon atau tempat di mana Anda melakukan manikur dan pedikur bersih. Kebersihan salon dapat dilihat dari lokasi maupun berbagai alat yang digunakan saat melakukan perawatan. 

✋Hindari perawatan jika ada luka

Jika Anda masih memiliki luka seperti goresan, gigitan serangga dan berbagai luka lainnya, maka disarankan untuk tidak melakukan perawatan karena kemungkinan mikroorganisme🦠 akan masuk ke tubuh lebih tinggi.

🌬️Ventilasi baik

Pastikan salon atau tempat yang dikunjungi memiliki ventilasi yang baik agar zat kimia yang terkandung pada instrumen perawatan tidak terserap atau terhirup👃 ke dalam tubuh yang dapat membahayakan janin.