post-title

Apa itu Subfertilitas?

Banyak pasangan👩👨 yang telah menikah akan mendambakan munculnya buah hati di dalam keluarga kecil mereka. Beberapa pasangan dapat langsung memiliki buah hati, namun tidak sedikit yang harus menunggu lama. Selain infertilitas yang banyak dikenal orang, ada juga kondisi yang dinamakan subfertilitas. Apakah itu? Mari simak bahasan berikut ini.


Apa yang dimaksud dengan Subfertilitas?

🤰Pasangan yang tidak siap untuk hamil

Keadaan di mana mandul bukanlah masalah bagi pria maupun wanita dan juga tidak harus melakukan tindakan medis untuk memiliki anak, hanya saja kondisi tubuh tidak siap untuk memiliki buah hati👶. Sehingga, peluang untuk hamil lebih besar daripada infertilitas, namun peluangnya lebih rendah dibandingkan rata-rata.

✨Subfertilitas primer dan sekunder

Subfertilitas primer merupakan kondisi infertilitas di mana wanita yang belum pernah hamil maupun pria yang belum pernah berhasil dalam pembuahan. Sedangkan subfertilitas sekunder merupakan kondisi di mana wanita pernah hamil sebelumnya dan pria yang sudah pernah berhasil dalam pembuahan.


Faktor penyebab subfertilitas

👨Penyebab subfertilitas pada pria

Banyak faktor penyebab subfertilitas para pria, diantaranya adalah adanya kerusakan pada testis karena infeksi, cedera, maupun bawaan, masalah pada sperma, gangguan psikologi❤️, hipertermia varikokel, dan lainya.

👩Penyebab subfertilitas pada wanita

Wanita dengan kondisi subfertilitas juga dapat diakibatkan karena PCOS, kelainan pada fungsi seksual, uterus yang tidak normal, lajur ovum yang tidak normal, anomali pada serviks, dan lainnya. Jika mengidap kelainan tersebut, harap segera menemui dokter👩‍⚕️.

☁️Penyebab lainnya

Selain adanya penyakit maupun kelainan pada tubuh pria maupun wanita, ada faktor penyebab lainnya seperti obesitas, mengonsumsi obat-obatan terlarang, mengidap HIV, maupun faktor usia.


Penanganan subfertilitas

☘️Penanganan natural

Beberapa usaha dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan dokter jika pria dan wanita masih berusia di bawah 35 tahun, telah memeriksa kesehatan kesuburan reproduksi secara keseluruhan dan dinyatakan normal, serta mencoba program hamil sendiri selama 2 tahun🗓️.

👩Penanganan medis pada wanita

Melakukan pengobatan secara tepat jika mengidap penyakit tertentu, mencoba prosedur bayi tabung, induksi ovulasi, mendapat bantuan teknologi reproduksi menyuntikkan💉 sperma intrasitoplasma, pendonoran oosit, perangsangan FSH, LH dan penguatan pematangan folikel. 

👨Penanganan medis pada pria

Pada pria yang memiliki kondisi subfertilitas dapat melakukan tindakan medis seperti melakukan terapi klomifen sitrat, tamoxifen, dan testosteron. Ada lagi tindakan medis lainnya seperti melakukan bedah testis karena kelainan maupun cacat⚡.