post-title

Tanda-Tanda Hamil!

Saat mendambakan buah hati, terkadang wanita akan merasa senang jika menstruasi yang biasanya datang malah belum datang. Akan tetapi, sering kali tanda-tanda hamil mirip dengan tanda-tanda wanita yang terlambat menstruasi. Bagaimana mengetahui kalau kita hamil🤰? Apa saja tanda-tandanya?


Kemiripan tanda telat menstruasi dan tanda hamil

✨Pengaruh dari hormon progesteron

Saat seorang wanita mengalami keterlambatan menstruasi maupun hamil, kedua kondisi ini akibat adanya pengaruh dari hormon progesteron. Hormon progesteron akan dilepaskan tubuh sesudah berovulasi.

📌Kadar progesteron

Pada wanita yang tidak hamil, jumlah hormon progesteron akan menurun dan siklus menstruasi akan dimulai. Akan tetapi saat hamil, hormon progesteron akan dilepaskan terus menerus dalam jumlah yang banyak📈 untuk melindungi kandungan.


Apa saja perbedaan dari tanda menstruasi dan hamil?

💡Keluar flek darah

Darah yang keluar dari vagina biasanya dianggap sebagai tanda menstruasi. Tetapi, saat menstruasi, aliran darah akan lebih deras dan berlangsung hingga satu minggu. Akan tetapi saat hamil, flek akan muncul selama 1-2 hari🗓️ dan hanya muncul paling banyak 2 tetes darah.

⚡Perut terasa kram

Saat hamil maupun menstruasi akan merasakan kram pada perut. Namun perbedaannya adalah saat haid, rasa sakit akan terus terasa hingga 2 hari maupun sampai selesai menstruasi. Namun saat hamil, kram terasa hanya pada satu sisi dan lebih cepat sembuh.

😖Payudara terasa nyeri

Saat menstruasi, payudara akan terasa nyeri hanya selama masa menstruasi dan akan bengkak hingga 2 hari sebelum siklus dimulai dan berhenti di hari pertama menstruasi. Akan tetapi jika Anda hamil, nyeri akan terasa hingga 2 minggu dan terasa bengkak selama kehamilan😉.

✔️Tanda lainnya

Hal lain seperti perubahan suasana hati, punggung yang terasa sakit, hingga mual juga akan dirasakan saat hamil, namun juga saat menstruasi. Hanya saja perbedaannya pada durasi waktu⏲️, yang mana saat hamil akan dirasakan lebih lama selama masa kehamilan, sedangkan saat menstruasi hanya terasa pada saat itu saja.


Memastikan apakah benar hamil atau tidak

👩Test pack

Selain mencari tahu tanda-tanda natural kehamilan, jika merasa bahwa Anda sedang hamil, hal yang dapat dilakukan segera adalah memastikannya dengan test packTest pack dapat dijadikan alat untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak melalui urin🚽.

👩‍⚕️Periksa ke dokter

Apabila masih belum merasa puas maupun ragu dengan hasil test pack, Anda dapat menunggu terlebih dahulu selama paling tidak 1 sampai 2 minggu sesudah terlambat menstruasi untuk lebih memastikan hasilnya. Kemudian segeralah kunjungi dokter🏥 untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih tepat.