post-title

Hamil di Luar Rahim? Ektopik!

Kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang terjadi tidak di dalam rahim, melainkan di luar rahim✨. Pada kehamilan ektopik, sel telur yang sudah dibuahi tidak menempel di rahim, namun di tuba falopi, leher rahim (serviks), indung telur, atau rongga perut. Jika ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa segera teratasi. 


Penyebab kehamilan ektopik

⚡Tuba falopi mengalami kerusakan

Bagi wanita yang mengalami kehamilan ektopik, biasanya disebabkan karena tuba falopi yang rusak. Jika tuba falopi rusak, maka akan menyumbat jalannya sel telur🥚 menuju ke rahim.

📝Akibat operasi yang dilakukan sebelumnya

Salah satu penyebab kehamilan ektopik bisa terjadi karena efek dari operasi yang telah dilakukan sebelumnya di perut maupun tindakan lainnya yang dapat membuat tuba falopi rusak.

📌Faktor lain

Banyak faktor lainnya seperti adanya gangguan hormon, pemakaian kontrasepsi, dan adanya kerusakan pada alat reproduksi.


Apa saja gejalanya?

💭Tahap pertama

Tahap pertama kehamilan ektopik tidak menunjukkan tanda yang begitu menonjol, sebab hampir sama dengan kehamilan biasa seperti berhentinya menstruasi, payudara yang mengeras, dan mual🤢. 

💭Tahap selanjutnya

Pada fase tahap ini seseorang yang mengalami kehamilan ektopik biasanya mengalami perdarahan yang keluar dari vagina dan nyeri di bagian perut. Tanda-tanda yang terjadi ini bisa memburuk apabila tidak ditangani😞. 


Penanganan kehamilan ektopik

💉Suntikan dokter

Saat kehamilan di luar rahim masih terjadi di fase pertama, dokter👩‍⚕️ akan memberikan suntikan methotrexate yang bertujuan agar perkembangan kehamilan ektopik berhenti.

🏥Operasi pengangkatan tuba falopi

Apabila dokter telah menemukan kerusakan pada tuba falopi baik satu maupun keduanya, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi yang dinamakan operasi laparoskopi atau operasi pengangkatan tuba falopi.

🚨Tindakan darurat oleh dokter

Jika terjadi perdarahan dengan volume sangat banyak, maka dokter akan segera bertindak dengan melakukan operasi laparotomi. Operasi ini merupakan proses pengangkatan janin👶 serta memperbaiki tuba falopi yang rusak.