post-title

Makanan Bersantan & Bumil

Banyak ibu hamil menikmati🤤 makanan bersantan seperti masakan padang karena cita rasanya yang gurih dan lezat. Namun, seringkali muncul kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap janin dalam kandungan. Apakah aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan bersantan?


Suka makan makanan bersantan saat hamil?

✅Tips memilih olahan santan yang aman dikonsumsi saat hamil

Ibu hamil sebaiknya memilih makanan bersantan yang diolah menggunakan santan segar dari kelapa karena santan kemasan biasanya mengandung bahan kimia berbahaya. Untuk mendapatkan santan segar, rendam kelapa🥥 parut dalam air panas selama kurang lebih 30 menit, lalu remas dan saring kelapa untuk memperoleh santan.

💭Kandungan gizi dalam santan

Dalam 250 ml santan berkalori 550, terdapat kandungan gizi seperti 22% zat besi, 50.2 g lemak, 4% kalsium, 6 mg protein, 11% vitamin C, 40 mg natrium, dan 14 mg karbohidrat. Perlu diingat bahwa dalam satu sendok makan santan terdapat 3 mg lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan.

⚡Bahaya mengonsumsi santan secara berlebihan saat hamil

Santan memiliki kandungan lemak yang dapat memicu kenaikan berat badan⚖️. Oleh karena itu, mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya dislipidemia, yaitu tingginya kadar lemak dalam darah. 

🚨Santan perlu dihindari pada kondisi tertentu

Tidak disarankan bagi ibu hamil dengan alergi terhadap santan, janin👶 berukuran di atas rata-rata, masalah pencernaan seperti asam lambung, atau risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kondisi lainnya untuk mengonsumsi santan.


Santan juga memiliki khasiat bagi ibu hamil!

😊Memperlancar pencernaan

Saat ibu hamil mengalami sembelit🚽, mengonsumsi makanan bersantan secara secukupnya dapat menjadi pilihan daripada mengonsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan kimia yang berpotensi membahayakan ibu dan janin. 

✨Memperkuat imun tubuh

Santan merupakan sumber lemak baik dan zat besi yang berguna untuk mencegah terjadinya anemia saat hamil. Selain itu, mengonsumsi santan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. 

☘️Menurunkan tekanan darah

Santan dapat menjadi obat alami penurun tekanan darah. Meski begitu, sebaiknya ibu hamil melakukan konsultasi dengan dokter👩‍⚕️ terlebih dahulu untuk mengetahui kadar santan yang aman dikonsumsi. 

✔️Mengatasi nyeri sendi dan otot

Ibu hamil sering mengalami kelelahan, pegal, dan nyeri sendi akibat beban janin di perut. Maka dari itu, santan dapat menjadi pilihan yang baik sebagai pereda nyeri sendi dan otot yang tegang.