post-title

Anak SD Sudah Pacaran?

Seringkali orang tua merasa khawatir kepada anaknya yang masih SD yang sudah memiliki pacar. Pada umumnya kita berpikir bahwa anak SD belum pantas untuk berpacaran karena pacaran adalah hubungan romantis yang dilakukan oleh orang dewasa. Bagaimana cara orang tua mengatasi anak yang masih SD yang sudah berpacaran?🤔 


Bagaimana anak SD bisa mengerti istilah berpacaran? 

📱Pengaruh sosial media

Anak SD zaman sekarang sebagian besar sudah memiliki gadget dan sosial media masing-masing. Konten-konten di sosial media seperti foto atau video orang berpacaran dapat memengaruhi anak SD dan dapat dicontoh. 

📺Kebiasaan menonton sinetron

Anak SD juga dapat mengetahui istilah berpacaran dengan menonton sinetron di televisi. Pada umumnya sinetron menceritakan tentang kisah percintaan masa remaja yang sebenarnya masih belum pantas untuk anak SD. Anak SD biasanya mencontoh perilaku aktor sinetron tersebut dan mereka menjadi mengerti tentang percintaan dan menerapkan di kehidupannya😖. 

👀Faktor lingkungan

Melalui orang di sekitarnya seperti keluarga dan teman-teman juga dapat membuat anak SD mengetahui istilah berpacaran. Anak SD dapat mengerti dan mencontoh gaya pacaran saudaranya yang sudah dewasa. Selain itu, Anak SD dapat melihat teman sebayanya yang sudah memiliki pacar dan terdorong untuk memiliki pacar juga❤️. 


Hal yang perlu orang tua lakukan kepada anak SD yang berpacaran

✔️Memantau tontonan dan sosial media anak

Pada zaman sekarang semakin besar peluang anak SD🧒🏻 untuk mencari konten dewasa yang berhubungan dengan pacaran dan percintaan baik di televisi maupun di sosial media. Hal ini menjadi tugas para orang tua agar sebaiknya terus mengawasi tontonan anak dan konten-konten yang dilihat di sosial media melalui gadgetnya. 

✅Memberikan pengetahuan mengenai pacaran yang tepat

Memberikan edukasi seks bagi anak SD sangatlah penting terutama bagi anak SD yang berumur 11-12 tahun yang sedang mengalami pubertas agar mereka mengerti apa yang tidak boleh dilakukan saat berpacaran. 

💭Menjaga komunikasi dengan anak

Memiliki komunikasi yang baik dengan anak membuat anak dapat menjadi semakin terbuka kepada orang tuanya, sehingga orang tua dapat mengetahui hal apa saja yang dilakukan anaknya. Namun, sebagai orang tua sebaiknya juga memiliki sikap tegas kepada anaknya jika anaknya berbuat kesalahan sehingga anak tetap dapat patuh dan hormat kepada orang tua😉. 

❓Apakah hubungan pertemanannya harus dibatasi?

Orang tua sebaiknya memberikan kesempatan anaknya👧🏻 untuk menyampaikan pandangan mereka tentang pacaran dan hal apa saja yang dilakukan saat pacaran. Kemudian, orang tua dapat memberikan penjelasan yang tepat serta nasehat tentang berpacaran seperti batasan-batasan yang jelas sesuai dengan prinsip yang selama ini tertanam di dalam keluarga.