post-title

Persiapan untuk Rawat Inap Anak

Sebagai orang tua, seringkali pastinya akan merasa cemas ketika anaknya harus menjalani rawat inap🏥. Terdapat beberapa hal yang dapat dipersiapkan sebelum anak menjalani rawat inap yang dapat membantu orang tua mengurangi kecemasan dan menghadapi situasi tersebut dengan lebih tenang. Yuk, simak lebih lanjut apa saja yang perlu disiapkan.


Beberapa dukungan emosional kepada anak sebelum melakukan rawat inap

💭Memberikan penjelasan tentang rawat inap kepada anak 

Sebelum menjelaskan tentang proses rawat inap pada anak, sebaiknya orang tua meminta saran dari dokter terlebih dahulu mengenai tindakan medis apa yang akan diberikan kepada anak. Sehingga, orang tua dapat memberikan penjelasan yang tepat dan dapat dipahami oleh anak. Setelah itu, Anda dapat menjelaskan apa itu rawat inap pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami😉 oleh anak.

💡Menjelaskan pemeriksaan apa saja yang akan dilakukan

Untuk membantu anak lebih tenang selama pemeriksaan, sebaiknya orang tua menjelaskan jenis-jenis pemeriksaan yang akan dilakukan seperti MRI, Rontgen, atau CT Scan. Dengan demikian, anak🧒🏻 akan lebih memahami prosedur yang akan dilakukan padanya, dan hal ini dapat membantu jalannya pemeriksaan dengan lebih lancar. Namun, hindari menggunakan istilah medis saat menjelaskannya pada anak karena dapat membingungkan atau malah membuat anak merasa takut.

📌Menjelaskan siapa saja yang akan membantu dalam perawatannya 

Dianjurkan untuk memberitahu anak bahwa dokter👩‍⚕️, perawat, atau suster akan selalu membantunya selama perawatan. Hal ini bertujuan agar anak merasa nyaman dan dapat berkomunikasi dengan jujur tentang kondisi kesehatannya kepada dokter atau suster yang merawatnya.

✔️Meminta anggota keluarga lain untuk membantu memberikan dukungan kepada anak

Saat anak dirawat di rumah sakit, orang tua disarankan untuk memberitahu anggota keluarga lain dan meminta bantuan mereka untuk memberi dukungan pada anak, baik melalui video call📱 atau dengan mengunjungi anak di rumah sakit. Hal ini bertujuan agar anak tetap semangat selama masa perawatan. 


Beberapa barang yang perlu disiapkan

📝Dokumen penting

Orang tua juga harus menyiapkan dokumen penting seperti buku rekam medis anak, asuransi anak, dan KTP orang tua sebelum anak dirawat di rumah sakit. 

🎈Perlengkapan mainan anak

Ketika dirawat di rumah sakit, ada saatnya anak merasa jenuh dan meminta untuk pulang ke rumah😖. Untuk mengatasi hal tersebut orang tua disarankan untuk membawa mainan kesukaan anak sehingga anak dapat terhibur dan merasa lebih tenang.