post-title

Kapan Bayi Bisa Duduk?

Perkembangan bayi merupakan salah satu hal yang selalu menjadi perhatian orang tua. Setiap orang tua berharap anaknya dapat cepat memiliki kemampuan baru contohnya seperti kemampuan untuk duduk. Yuk, simak lebih lanjut kapan umur yang ideal bagi bayi👶 untuk dapat duduk dan beberapa tips untuk mengajarkan anak duduk. 


Tahap umur bayi bisa duduk

✅Umur ideal bayi untuk bisa duduk

Pada umumnya bayi berumur 7-8 bulan sudah memiliki otot yang cukup kuat untuk duduk tanpa menggunakan penyangga. Kemudian, pada usia 9 bulan sebagian besar bayi sudah dapat duduk🪑 dengan mandiri tanpa bantuan. 

🤔Bagaimana jika anak belum bisa duduk di umur yang ideal?

Orang tua tidak perlu merasa khawatir jika anak masih belum bisa duduk di usia 9 bulan. Hal ini dikarenakan setiap bayi memiliki tingkat perkembangan yang dapat berbeda satu sama lain. 


Tips untuk mengajarkan bayi duduk!

👀Mendorong bayi untuk melihat ke atas 

Penggunaan  mainan bayi dapat menjadi sarana untuk membantu bayi untuk mengangkat kepala dan melatih pandangan ke atas. Cara ini dapat membantu menguatkan otot-otot leher dan kepala bayi yang penting untuk mencapai kemampuan duduk.

✔️Membantu latihan duduk

Orang tua dapat secara teratur membantu bayi dengan menyangga atau mendukung tubuhnya dalam posisi duduk. Hal ini dapat melatih kekuatan leher dan kepala agar nantinya bayi mampu duduk secara mandiri😉. 

📌Latihan duduk di lantai

Orang tua dapat melatih bayi untuk duduk di lantai dengan menggunakan permukaan yang lembut dan empuk. Disarankan untuk selalu mengawasi bayi selama proses latihan tersebut✋.

💡Rutin tengkurap

Membiasakan bayi untuk tengkurap secara rutin menjadi salah satu cara untuk membantu mereka mengembangkan otot kepala, leher, punggung, dan bahu yang kuat, yang pada akhirnya akan memungkinkan mereka untuk mampu duduk.

🎈Memberikan dukungan

Dalam proses latihan duduk, seringkali bayi belum mampu duduk sendiri atau mempertahankan posisi duduk tanpa bantuan. Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk terus memberikan semangat👏 kepada anak supaya dapat terus mencoba untuk belajar duduk.