post-title

Epilepsi pada Anak

Epilepsi merupakan kondisi yang bisa saja dialami oleh anak yang dapat membuat orang tua merasa khawatir. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai epilepsi😖 dan bagaimana cara penanganannya. 


Mengetahui lebih dalam mengenai epilepsi

🙋Apa yang dimaksud epilepsi pada anak?

Epilepsi adalah suatu kondisi di mana anak mengalami dua kali atau lebih kejang tanpa penyebab yang jelas. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf dan otak🧠 yang dialami oleh anak.

☁️Apa saja gejalanya?

Beberapa gejala umum epilepsi meliputi kedipan mata yang cepat, pernapasan yang tidak normal, mengangguk dengan irama yang rapi, serta bibir yang berubah warna menjadi biru.

✅Apa saja penyebabnya?

Sulit untuk menemukan penyebab epilepsi secara pasti. Namun, kejang biasanya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk keracunan, gangguan perkembangan otak sebelum bayi lahir👶, cedera pada kepala, atau terdapat infeksi.


Cara penanganan jika anak kejang

🛏️Membaringkan anak 

Membaringkan anak dengan posisi telungkup agar cairan di mulut dapat keluar dan tidak masuk ke saluran pernapasan.

🏥Larikan ke rumah sakit

Orang tua harus terus memantau pernapasan anak saat dan sesudah kejang. Anak harus segera dilarikan ke rumah sakit jika anak tidak bernapas🌬️ sesudah kejang. 


Cara pengobatan epilepsi pada anak

🗓️Minum obat sesuai dengan jadwal

Mengonsumsi obat sesuai dengan jadwal dan dosis yang telah ditentukan oleh dokter sangatlah disarankan. Konsistensi dalam mengikuti aturan minum obat💊 adalah kunci untuk mencapai hasil yang efektif dan meminimalkan risiko kejang.

👩‍⚕️Tidak mengganti obat tanpa sepengetahuan dokter

Disarankan untuk tidak mengganti obat tanpa sepengetahuan dokter karena tindakan ini dapat berdampak pada metabolisme obat antiepilepsi di tubuh anak.

👄Memberitahu dokter mengenai obat lain yang dikonsumsi

Penting untuk memberitahu dokter mengenai semua obat yang diminum oleh anak🧒🏻, tidak terkecuali vitamin, agar dokter dapat mengetahui apakah obat tersebut memiliki pengaruh terhadap efektivitas obat antiepilepsi.


Beberapa tindakan jika epilepsi tak kunjung reda dengan obat

✨Melakukan terapi vagus nerve stimulation 

Terapi ini melibatkan penggunaan sebuah perangkat listrik kecil yang ditempatkan di bawah kulit dada anak. Fungsinya untuk mengirimkan sinyal listrik ke otak melalui saraf vagus di leher. Terapi ini dapat mengurangi frekuensi kejang yang dialami oleh anak.

🏥Melakukan tindakan operasi otak

Tindakan operasi akan dipertimbangkan setelah dokter melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi anak. Jika dokter menyimpulkan bahwa operasi dapat menghentikan epilepsi atau kejang tanpa menimbulkan masalah lain yang berarti, maka operasi akan dilakukan✔️.