post-title

Mengapa Bayi Menangis saat Bangun Tidur?

Tidur bagi bayi adalah kegiatan yang sangat baik untuk pertumbuhan. Akan tetapi, sering kita jumpai bayi menangis saat ia terbangun dari tidur😴. Bayi menangis saat bangun tidur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Kira-kira apa saja penyebabnya?


Tumbuh kembang bayi

🦷Pertumbuhan gigi pada bayi

Ada hal-hal yang menyebabkan bayi kurang nyaman saat tidur, salah satunya yaitu gigi yang mulai tumbuh pada gusi si kecil. Bayi akan merasa kurang nyaman bahkan tidak bisa tidur karena gusinya gatal atau nyeri😫 yang membuatnya menangis saat bangun tidur.

👶Perkembangan tubuh bayi

Semakin hari, tubuh bayi akan terus berubah dan menunjukkan perkembangannya. Saat bayi yang sedang mulai berjalan, merangkak, maupun mulai masuk tahap yang baru, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab bayi menangis😭 saat bangun karena tidurnya terganggu.

⚡️Bayi sakit

Saat bayi sakit, ia belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya. Sehingga, saat si kecil merasa sakit, ia akan menangis saat terbangun karena merasa sakit😖. Alasan yang sering ditemui saat bayi menangis saat ia bangun yaitu bayi sedang memiliki gangguan pada pencernaannya.


Kecemasan bayi saat bangun tidur

💭Bayi mengalami mimpi buruk

Tahukah Anda jika bayi juga dapat mimpi buruk? Bayi yang mimpi buruk akan menangis sesaat setelah ia bangun karena ada perasaan takut akibat mimpi buruk tersebut. Orang tua dapat menenangkan si buah hati dengan pelukan hangat🥰 agar kecemasan dan ketakutan si kecil hilang.

🛏️Situasi ruangan

Situasi ruangan yang dirasa asing seperti ruangan gelap dapat membuat bayi cemas dan takut. Hal ini membuat bayi kurang nyaman dan menangis saat terbangun. Kamar yang dingin🥶 atau panas juga dapat menyebabkan bayi menangis. Anak perlu melakukan latihan tidur agar terbiasa untuk tidur di segala situasi.

⏰Jadwal tidur bayi

Bayi masih belum mengerti dan beradaptasi dengan jadwal tidurnya. Terkadang, bayi bisa tidur pada siang hari, namun saat malam hari ia sering terbangun. Begitu pula sebaliknya. Saat sedang mengatur pola tidur💤, bayi akan merasa kurang nyaman dan akan menangis karena belum terbiasa dengan pola tidur yang diterapkan.

😢Tidak ada siapa-siapa di sampingnya

Bayi merasa cemas dan ketakutan apabila tidak ada ibu atau ayah di sampingnya saat tertidur. Bayi akan menangis saat bangun tidur karena ia merasa sendiri dan ketakutan.