post-title

Susu Formula Bayi

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan🥣 yang disarankan untuk bayi dari ia lahir karena kandungan nutrisinya yang sangat luar biasa. Akan tetapi, saat ibu tidak dapat memberikan ASI karena beberapa alasan, maka susu formula menjadi susu alternatif.


Waktu yang tepat memberikan susu formula

🍼ASI adalah makanan terbaik untuk bayi

ASI memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa yang tidak tergantikan meskipun dengan susu formula. Paling tidak, ASI dapat diberikan kepada si kecil hingga berusia enam bulan agar segala kebutuhan nutrisinya💪 terpenuhi.

👶Kondisi kesehatan bayi

ASI memang makanan terbaik untuk si kecil, namun jika bayi memiliki kondisi seperti lahir secara prematur, berat badan menurun, dan alasan lainnya yang disetujui oleh dokter setelah melakukan konsultasi, maka susu formula dapat diberikan. Susu formula pada bayi dengan usia lebih dari 6 bulan bukan sebagai makanan pokok🍛, tetapi makanan tambahan.

✅Usia pemberian susu formula

Susu formula lebih baik diberikan setelah usia 6 bulan, namun jika bayi dirasa sehat, maka susu formula tidak perlu diberikan. Utamakan memberikan ASI terlebih dahulu, namun jika ingin menambahkan susu formula, maka perlu berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ untuk memeriksa alergi pada bayi jika diberi susu formula.


Cara memberikan susu formula

🥛Jumlah susu formula harian

Anak berusia 1 bulan hendaknya diberikan susu formula setiap 4 jam karena biasanya bayi akan membutuhkan 90ml hingga 120ml setiap ia minum. Semakin banyak usia bayi, maka jumlah pemberian susu formula juga akan lebih banyak karena kebutuhan dan kemampuan untuk mengonsumsinya semakin besar.

🍼Menjaga botol tetap bersih

Hal yang harus diperhatikan saat pemberian susu formula salah satunya yaitu kebersihan botol. Botol harus bersih karena berisiko terkena bakteri dan kuman🦠 jika dibiarkan kotor dan tidak steril. Penggunaan sikat khusus dan air hangat saat mencuci botol bisa membantu mencucinya dengan bersih.

📌Pembelian dan penyimpanan susu formula

Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan dan juga bentuk kemasan. Sebaiknya membeli susu dengan kemasan yang baik dan tidak rusak dan kemasan yang tidak lewat masa kedaluwarsanya. Kemudian, simpan susu di tempat yang sejuk🌬️. Usahakan untuk tidak membuka kemasan terlalu lama karena susu bisa rusak akibat udara yang masuk.

😖Bayi menolak untuk minum susu formula

Jika bayi menolak untuk minum, maka ada beberapa cara seperti memberikan susu saat bayi tidak terlalu kenyang, memberikannya dengan dot yang nyaman, maupun membuat suasana yang nyaman🤗 saat si kecil minum.