post-title

Cara Pompa ASI dengan Efektif!

ASI merupakan makanan yang sangat baik untuk bayi. Ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif namun juga ingin tetap bekerja, maka salah satu solusinya yaitu memompa ASI agar anak tetap dapat mendapat cukup ASI dari sang ibu👩.


Macam-macam pompa ASI

📌Memompa dengan pompa manual

Memompa ASI secara manual artinya ibu harus mengeluarkan ASI dengan tangan dan menekannya hingga ASI keluar. Kelebihan menggunakan pompa manual yakni harganya lebih murah, tidak berisik, mudah dicuci🧼, dan ringan. Akan tetapi, pompa manual sangat menguras tenaga dan tidak bisa dilakukan pada kedua sisi payudara.

📌Memompa dengan pompa elektrik

Kelebihan pompa elektrik yaitu tidak memakan waktu lama dan kedua sisi payudara juga dapat dipompa pada waktu yang bersamaan. Selain itu, karena ini alat elektrik, maka tidak perlu menguras tenaga💪. Tetapi suara dan ukurannya yang besar, serta membutuhkan listrik menjadi kekurangan dari alat pompa ini.


Hal-hal yang dilakukan sebelum dan saat memompa ASI

✨Memijat area payudara

Memijat payudara sebelum memompa sangat berguna agar aliran ASI semakin cepat keluar. Mulai pijat dari ketiak, kemudian payudara dan terakhir ke area areola. Jika aliran ASI menjadi lambat saat memompa, maka pijatan bisa diulang kembali.

💫Kenyamanan posisi

Carilah posisi yang menurut Anda nyaman untuk memompa ASI. Anda bisa melakukannya dengan duduk🪑, bersandar, atau posisi lainnya yang dirasa nyaman. Anda juga bisa memutar musik dan mendengarkannya agar lebih santai saat memompa ASI.


Bagaimana cara menggunakannya?

✅Pompa elektrik

Saat menggunakan pompa elektrik, pastikan tangan🖐️ dan alat pompa bersih. Kemudian pemasangan pelindung payudara dan pastikan cup pelindung lebih besar daripada puting. Setelah itu, Anda bisa menghidupkan pompa dan mengatur tekanan pompa. Jika sudah selesai, matikan alat dan segera cuci hingga bersih.

✅Pompa manual

Pastikan tangan dan alat pompa sudah dicuci dan dalam keadaan bersih. Pasang cup pelindung pada puting, kemudian satu tangan memegang cup dan tangan lainnya memegang tuas pompa. Tuas pompa ditekan seperti saat anak mengisap ASI. Jika sudah selesai, lepas tuasnya dan cuci🧽 seluruh peralatan dengan bersih.