post-title

Jus yang Baik bagi Bumil

Jus merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi. Selain menyegarkan🤤, dengan mengonsumsi jus, maka tubuh akan terisi cairan yang memang dibutuhkan karena air merupakan kandungan yang paling banyak di dalam tubuh. Ibu hamil juga dapat mengonsumsi jus agar kebutuhan cairan dan juga vitamin dari buah dan sayur terpenuhi.


Hal yang harus diperhatikan saat minum jus!

✅Kebersihan buah dan sayur

Jika ingin mengonsumsi jus dengan membuatnya sendiri, maka bahan yang dipakai harus dipastikan segar dan bersih✨. Selain itu, setelah jus selesai dibuat, pastikan untuk segera diminum.

🔎Memerhatikan kandungan jus

Saat Anda tidak memiliki waktu atau tidak ingin membuat jus sendiri, maka jus kemasan🧃 yang kini sudah banyak dijual dapat menjadi salah satu alternatifnya. Akan tetapi, ibu hamil harus lebih waspada dan hendaknya memerhatikan kandungan jus kemasan tersebut. Jus yang telah dipasteurisasi dapat dipilih untuk dikonsumsi.

📌Jus yang harus dihindari

Menurut Food and Drug Administration yang merupakan badan pengawas makanan di Amerika Serikat, jus yang telah dipasteurisasi dapat dipilih untuk dikonsumsi. Pasteurisasi merupakan proses perlambatan tumbuhnya bakteri🦠 dengan cara memanaskan makanan atau minuman.

🥤Pemanis pada jus

Bagi sebagian orang yang menyukai jus manis biasanya akan menambahkan gula sebagai pemanis. Akan tetapi jika menambahkan pemanis dengan pemanis buatan, maka mengonsumsi jus manis tersebut justru akan memberikan dampak negatif terhadap tubuh, seperti meningkatkan berat badan.


Macam-macam jus buah dan sayur

🥕Wortel

Wortel memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, magnesium, dan lainnya yang sangat baik untuk mata bayi dan tumbuh kembang gigi dan tulang🦴. Harap diperhatikan bahwa jus wortel harus dikonsumsi dengan cukup, karena jika berlebihan justru dapat meracuni tubuh. Satu gelas jus wortel sudah cukup untuk dikonsumsi.

🍎Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk ibu hamil yang salah satu manfaatnya dapat mengurangi risiko anak lahir dengan alergi dan asma. Selain itu kekebalan tubuh💪 juga dapat terjaga dengan mengonsumsi jus apel.

🥭Mangga

50 kalori dari buah mangga dapat membantu menambah energi untuk ibu hamil beraktivitas. Tubuh janin dan ibu hamil juga akan terlindungi dari berbagai macam penyakit karena adanya kandungan vitamin C🍊 dan vitamin A dalam buah mangga. 

🥑Alpukat

Beberapa manfaat alpukat yang baik untuk ibu hamil yaitu dapat mengatasi rasa mual yang biasanya dialami ibu hamil. Selain itu, alpukat juga mengandung kolin yang bermanfaat bagi tumbuh kembang pada saraf si kecil👶. Alpukat juga dapat menjadi buah yang bisa memberikan tambahan energi dan juga memenuhi kebutuhan lemak tidak jenuh pada tubuh.