post-title

Ubun-Ubun Bayi Lunak

Orang tua memiliki kekhawatiran yang besar terhadap kepala bayi. Seringkali, ubun-ubun bayi yang terasa lunak membuat orang tua khawatir apakah hal tersebut normal atau tidak. Oleh karena itu, mari kita telusuri lebih lanjut beberapa fakta menarik 🤔dan tanda-tanda jika terdapat kelainan pada ubun-ubun bayi.


Manfaat ubun-ubun

🌟Mendukung pertumbuhan bayi

Setelah proses kelahiran, adanya ruang yang memadai di bagian ubun-ubun mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak🧠 bayi secara optimal.

👶Membantu proses keluarnya bayi

Kemampuan ubun-ubun untuk melenturkan tulang🦴 tengkorak bayi dapat membantu proses persalinan karena kepala bayi menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan. 


Jenis ubun-ubun

✨Posterior fontanelle

Jenis ubun-ubun ini akan mengalami penutupan antara usia enam minggu hingga tiga bulan setelah kelahiran, dan terletak di bagian belakang kepala bayi. 

💫Mastoid fontanelle

Setiap bayi memiliki dua ubun-ubun yang terletak di setiap sisi kepala. Proses penutupan ubun-ubun ini terjadi antara usia enam bulan hingga 18 bulan.

✨Sphenoid fontanelle

Bayi memiliki dua buah ubun-ubun jenis ini. Jenis ubun-ubun ini akan menutup saat bayi mencapai usia enam bulan.

💫Anterior fontanelle

Jenis ubun-ubun ini terletak di puncak kepala bayi. Proses penutupan akan dimulai sejak bayi akan berusia 6 bulan dan akan menutup sempurna pada usia antara 18 bulan hingga 2 tahun. 


Tanda ketidaknormalan ubun-ubun

📌Terdapat tonjolan

Jika terdapat penonjolan pada ubun-ubun, hal tersebut dapat menjadi indikasi adanya tekanan yang tinggi dalam kepala bayi yang bisa merusak otak. Penonjolan dapat terjadi karena cedera kepala, pendarahan otak, penumpukan cairan di otak (hidrosefalus), atau peradangan otak akibat infeksi virus🦠 (meningitis).

✅Proses menutup yang terlambat

Proses penutupan ubun-ubun dapat terlambat karena adanya kelainan pertumbuhan tulang (rakitis), hormon tiroid yang kurang, atau gangguan pertumbuhan tulang🦴 (achondroplasia), 

👀Terlihat cekung

Ubun-ubun dapat menunjukkan penampakan yang lebih cekung dalam kondisi seperti kekurangan nutrisi (kwashiorkor), dehidrasi💧 (kekurangan cairan), megakolon toksik (pembesaran usus besar), atau pertumbuhan bayi yang tidak sesuai dengan standar normal.

📌Terlalu cepat menutup 

Craniosynostosis merupakan kondisi di mana ubun-ubun menutup terlalu cepat. Tanda dan gejalanya meliputi bentuk kepala bayi yang tidak normal, pertumbuhan kepala bayi yang terhambat, serta ubun-ubun yang terasa keras saat disentuh🤏.