post-title

Pentingnya Asam Folat bagi Bumil

Pada masa kehamilan, perlu diperhatikan pemilihan makanan yang baik dan memadai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, demi kesehatan ibu dan perkembangan janin👶 yang optimal hingga persalinan. Salah satu nutrisi penting yang harus diperhatikan agar kebutuhannya terpenuhi adalah asam folat.


Penuhi kebutuhan asam folat

📌Berapa banyak asam folat yang dibutuhkan ibu hamil?

Selama kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan asupan asam folat sebanyak 600 mcg per hari. Asam folat memiliki peran penting untuk mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf. Maka dari itu, wanita👩 yang pernah melahirkan dengan kondisi tersebut, disarankan untuk meningkatkan asupan asam folat hingga 4000 mcg per hari saat hamil.

✅Makanan yang kaya akan asam folat

Kebutuhan asam folat dapat dipenuhi melalui makanan sehat atau suplemen tambahan. Buah seperti jeruk, alpukat, dan pepaya, serta sayuran seperti brokoli🥦, kentang, bayam adalah sumber alami asam folat yang baik. Telur, hati sapi, kacang merah juga mengandung asam folat tinggi yang penting untuk kesehatan.


Bahaya kekurangan asam folat pada masa kehamilan

⚠️Berisiko mengalami keguguran

Keguguran dapat terjadi akibat kekurangan asam folat selama kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk memastikan asupan asam folat yang cukup karena kekurangan tersebut dapat meningkatkan risiko kematian janin dan komplikasi kehamilan, seperti gangguan pada pertumbuhan janin dan kemungkinan kelahiran prematur.

📌Berisiko terjadi cacat tabung saraf pada janin

Kekurangan asam folat selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida, kelainan tulang belakang, dan anensefali, kondisi ketika bayi lahir tanpa otak dan tulang tengkorak. Selain itu, risiko penyakit jantung dan bibir👄 sumbing juga dapat meningkat yang dapat memengaruhi proses tumbuh kembangnya.

⚠️Ibu berisiko mengalami anemia

Anemia merupakan masalah umum yang sering dialami oleh wanita selama masa kehamilan🤰, dan salah satu faktornya adalah kekurangan asam folat dan zat besi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang berisiko mengancam nyawa ibu hamil dan bayi.

📌Ibu berisiko mengalami preeklamsia

Preeklamsia adalah kondisi yang dapat terjadi pada ibu hamil ketika kekurangan asam folat. Gejala preeklamsia meliputi peningkatan tekanan darah dan kadar protein dalam urin, serta terjadi pembengkakan pada area tubuh. Wanita hamil yang mengalami preeklamsia berisiko mengalami kejang dan dapat berdampak pada kelahiran bayi dengan berat badan⚖️  rendah.