post-title

Berhubungan Seks sesudah Operasi Sesar

Setelah melahirkan melalui operasi sesar, wanita perlu memerhatikan proses pemulihannya sebelum melakukan hubungan intim. Bagaimana cara mengetahui kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim setelah operasi sesar🤔?


Mengembalikan keintiman dengan pasangan

⏰Kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim pasca operasi sesar?

Agar aman, pasangan harus menunggu🤚 sampai wanita pulih sepenuhnya setelah melahirkan sebelum berhubungan seks. Biasanya, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 6 minggu. Dianjurkan pula bagi pasangan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

✨Bagaimana keadaan organ reproduksi wanita pasca operasi sesar?

Wanita yang menjalani operasi sesar membutuhkan perawatan rumah sakit🏥 selama 2-4 hari untuk pemulihan. Setelah melahirkan, wanita akan mengalami perdarahan yang disebut dengan perdarahan nifas yang biasanya berlangsung selama 6 minggu sebagai respons tubuh dalam proses pemulihan rahim. Namun, bagi wanita yang menjalani operasi sesar, perdarahan cenderung lebih ringan.


Penyebab ketidaknyamanan berhubungan intim sesudah operasi sesar

😖Kurang istirahat dan merasa stres

Stres pasca melahirkan merupakan hal yang wajar terjadi karena adanya proses adaptasi merawat bayi yang baru lahir apalagi tubuh masih dalam tahap pemulihan. Akibatnya, kurang tidur dan penurunan gairah seksual seringkali terjadi pada wanita. Selain itu, bekas jahitan juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman😣 saat berhubungan seksual.

😮‍💨Terlalu lelah

Setelah operasi sesar, ketidaknyamanan dalam hubungan seksual dapat timbul akibat perubahan rutinitas pasca melahirkan. Kehadiran buah hati mengharuskan pasangan mengalokasikan waktu dan tenaga💪 tambahan yang tanpa disadari bisa menyebabkan kelelahan hingga berdampak pada menurunnya gairah seksual.

💫Vagina menjadi lebih kering

Setelah melahirkan, tubuh wanita mengalami perubahan hormonal yang mengakibatkan penurunan jumlah estrogen. Hal ini menyebabkan menurunnya produksi cairan vagina yang mengakibatkan vagina menjadi lebih kering. Keadaan vagina yang kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta rasa sakit😩 saat melakukan hubungan intim.


Tips mengatasi ketidaknyamanan saat berhubungan intim sesudah operasi sesar

📌Penting untuk melakukan foreplay

Foreplay sebelum berhubungan intim dapat meningkatkan gairah seksual dan membuat vagina menjadi lebih terlumasi sehingga ketidaknyamanan dan rasa nyeri saat berhubungan intim dapat dihindari. Jika vagina masih terasa kering, penggunaan pelumas dianjurkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

✅Berhubungan seks dengan posisi yang aman

Untuk menghindari ketidaknyamanan saat berhubungan intim👩‍❤️‍👨, disarankan untuk menggunakan posisi seks yang tidak menekan perut, seperti posisi menyamping dengan penetrasi dari belakang yang dikenal dengan sebutan spooning.

🧘🏻‍♀️Membuat diri merasa rileks saat berhubungan intim

Setelah operasi sesar, melakukan hubungan seksual setelah jangka waktu tertentu masih bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada bekas jahitan. Untuk mengembalikan kenikmatan dalam hubungan intim, pasangan dapat mencoba untuk merilekskan diri terlebih dahulu, seperti mandi dengan air hangat♨️ sebelum berhubungan.

✨Rutin melakukan senam kegel

Setelah melahirkan, wanita disarankan untuk melakukan senam kegel guna mengembalikan kekuatan otot panggul dan vagina yang mengalami perubahan selama kehamilan. Dengan melakukan senam kegel secara rutin, pasangan dapat merasakan peningkatan gairah dan kenyamanan🥰 dalam hubungan seksual.