post-title

Tips Memilih Minuman Kemasan untuk Si Kecil

Banyak variasi makanan dan minuman yang disukai anak-anak, seperti berbagai minuman kemasan manis yang menggiurkan. Namun, orang tua tentunya khawatir terhadap konsumsi makanan yang tidak sehat dan kebutuhan gizi anak sehingga berupaya memilih asupan terbaik untuk mendukung tumbuh-kembang anak👧🏻👦🏻.


Penting diperhatikan saat memilih minuman kemasan

🧊Apakah bayi boleh mengonsumsi minuman dingin?

Menurut Nuril Farah Dhiya, seorang ahli gizi, minuman dingin aman untuk bayi di atas usia 6 bulan yang sudah mulai menerima makanan selain ASI. Bahkan, memberikan makanan dingin, seperti buah yang telah didinginkan, dapat membantu meredakan rasa nyeri saat gigi🦷 bayi mulai tumbuh.

✅Apakah lolos sertifikasi BPOM atau tidak?

Mengecek keamanan suatu produk yang akan dikonsumsi dapat dilakukan dengan memastikan adanya izin BPOM. Cukup periksa apakah terdapat label BPOM pada kemasan yang menandakan bahwa makanan atau minuman🧃 tersebut telah diuji sebelum dipasarkan dan aman untuk dikonsumsi.

🔎Apa saja jenis bahan kemasan yang digunakan?

Waspadalah terhadap bahan kemasan makanan dan minuman yang digunakan karena beberapa bahan bisa membahayakan kesehatan. Misalnya, styrofoam dapat menyebabkan kanker. Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang dikemas dengan kresek hitam, kertas koran🗞, atau plastik karena mengandung timbal yang berpotensi merusak ginjal.

📅Tanggal kadaluarsanya kapan ya?

Sebelum membeli suatu produk, penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Ada dua jenis label, yaitu best before dan expired date. Best before artinya masih bisa dikonsumsi beberapa waktu setelah tanggal tersebut meski kualitasnya akan berubah, sementara expired date menunjukkan bahwa makanan sudah tidak boleh🙅🏻‍♀️ dikonsumsi lagi setelah tanggal tersebut.


Tips memilih minuman kemasan dengan bijak

💧Asupan air mineral anak tetap harus tercukupi

Terlalu banyak mengonsumsi minuman kemasan tidak bagus untuk kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya, infused water dapat menjadi pilihan untuk anak, yaitu air yang diberikan potongan buah seperti apel dan jeruk🍊. Namun, perlu diingat bahwa infused water yang disimpan lebih dari 24 jam dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

⚠️Hindari bahan sintetis

Pilihlah produk kemasan yang aman untuk anak-anak dengan menggunakan bahan alami🌱 seperti gula asli dan perisa buah-buahan tanpa pewarna atau pemanis buatan. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan anak dan menghindari risiko yang berbahaya.

👀Cermati kandungan gizinya

Sebelum memberikan minuman kemasan kepada anak, penting untuk memeriksa kandungan gizinya. Pastikan bahwa minuman tersebut mengandung nutrisi yang seimbang⚖️ dan tidak berlebihan. Pilihan terbaik adalah minuman kemasan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh anak.