post-title

Bank Tali Pusat? Apa itu?

Saat janin berkembang dalam rahim ibu, ia mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkannya melalui tali pusat. Beberapa ibu memilih untuk menyimpan tali pusat tersebut setelah bayi👶 lahir karena diyakini memiliki manfaat di masa depan.


Mengenal konsep bank tali pusat dan manfaatnya

🙋🏻‍♀️Apa yang dimaksud dengan bank tali pusat?

Tali pusat merupakan penghubung antara plasenta dan janin dalam menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dari ibu👩. Menariknya, dalam darah tali pusat terdapat sel punca yang mampu mengobati berbagai penyakit. Untuk menjaga sel punca ini dapat digunakan di masa depan, ada tempat penyimpanan khusus yang disebut dengan bank tali pusat.

🔎Apakah tali pusat mampu mengobati penyakit secara efektif?

Penting untuk dipahami bahwa pengobatan dengan sel punca tidak menjamin keberhasilan 100%. Ada pula kondisi-kondisi tertentu, seperti spina bifida, yang tidak dapat diatasi menggunakan terapi sel punca karena melibatkan mutasi genetik🧬 pada sel punca.

🤔Bagaimana cara tali pusat memberi manfaat untuk kesehatan di masa depan?

Sel punca yang terdapat dalam darah tali pusat memiliki potensi untuk mengobati kanker, leukimia, transplantasi sel punca hematopoietik, serta gangguan metabolik lain yang dapat terjadi di kemudian hari. Keistimewaan✨ sel punca ini terletak pada kemampuannya untuk mengembangkan diri menjadi berbagai jenis sel yang dibutuhkan dalam tubuh.


Hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan tali pusat

📌Kondisi yang menganjurkan penyimpanan tali pusat

Mereka yang membutuhkan pengobatan dengan sel punca, namun tidak memiliki penyimpanan sel punca sendiri, perlu mencari donor yang sesuai karena masing-masing sel punca memiliki karakteristik✨ yang berbeda. Untuk keluarga yang memiliki genetik leukimia, penyimpanan sel punca dianjurkan sebagai antisipasi untuk pengobatan di masa depan.

📥Memilih dan mempersiapkan tempat penyimpanan

Pada trimester ketiga kehamilan🤰, penting bagi orang tua untuk membuat keputusan mengenai penyimpanan tali pusat dan mempersiapkan tempat penyimpanannya di bank publik atau bank privat. Di bank publik, orang tua tidak perlu membayar biaya penyimpanan karena tali pusat akan didonasikan untuk kepentingan umum.

✅Menggunakan prosedur yang tepat

Pengambilan darah dari tali pusat merupakan prosedur yang cepat dan aman. Dalam waktu sekitar 5 menit, darah diambil menggunakan jarum suntik💉 setelah tali pusat dipisahkan dari bayi. Selanjutnya, darah akan diproses di laboratorium untuk memisahkan sel punca yang kemudian akan dibekukan dan dapat disimpan selama 10 tahun ke depan.