post-title

Lagi Hamil Kena Flu! Gimana nih?

Flu merupakan penyakit umum yang mudah menular dan dapat menyerang semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit biasa, penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi flu🤧 karena dampak dan cara penanganannya yang berbeda.


Flu saat hamil bisa berisiko untuk ibu dan janin!

⚠️Jangan sepelekan flu saat hamil!

Ketika sedang hamil, daya tahan tubuh wanita👩 cenderung menurun karena banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Akibatnya, risiko terkena penyakit seperti flu menjadi lebih tinggi dan perlu adanya penanganan khusus untuk menghindari potensi terjadinya komplikasi.

📌Gejala flu yang perlu diwaspadai

Ibu hamil yang mengalami flu akan menunjukkan gejala yang mirip dengan orang biasa yang terserang flu, seperti sakit kepala, pilek, demam🤒, batuk, dan sakit tenggorokan. Namun, yang meningkatkan risiko bahaya pada ibu hamil saat terkena flu adalah potensi mengalami komplikasi serius, seperti pneumonia, keguguran, kelahiran prematur, dan bronkitis.


Pelajari cara penanganan flu yang tepat dan aman saat hamil

🙋🏻‍♀️Bolehkah ibu hamil mengonsumsi obat flu saat hamil?

Pada trimester pertama kehamilan, sekitar hingga minggu ke-12, sebaiknya wanita menghindari penggunaan obat-obatan untuk mencegah risiko terhadap janin. Setelah melewati periode tersebut, ibu hamil dapat menggunakan beberapa obat💊 dengan resep dokter, seperti paracetamol, guaifenesin, dan dekstrometorfan.

📌Cara menangani flu secara alami saat hamil

Meredakan flu saat hamil tidak selalu harus menggunakan obat-obatan. Ada cara alami yang efektif, seperti mengonsumsi makanan atau minuman hangat, kumur dengan campuran air hangat dan garam🧂 untuk meredakan gejala batuk, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan udara dengan menghindari asap rokok🚬 atau menggunakan pelembab udara.


Tips untuk menghindari risiko flu saat hamil

✅Langkah pencegahan flu saat hamil

Menjaga kesehatan selama kehamilan adalah hal penting yang dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah, seperti menjaga pola makan yang baik, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan, menggunakan masker😷, dan belajar mengelola stres untuk mengurangi dampaknya terhadap penurunan kekebalan tubuh.

🧐Amankah melakukan vaksinasi saat hamil?

Tergantung pada jenis vaksin yang diberikan, wanita hamil sebaiknya mendapatkan vaksin flu yang disuntikkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh💪. Namun, sebaiknya hindari vaksin flu nasal spray karena bisa berisiko membahayakan janin.