post-title

Perlukah Bumil Minum Suplemen?

Selama masa kehamilan, kebutuhan gizi memang lebih banyak daripada sebelum hamil. Meski sudah merasa kebutuhan gizi terpenuhi💫, masih banyak ibu hamil yang membutuhkan nutrisi lebih. Sering kali suplemen prenatal atau suplemen untuk ibu hamil menjadi solusi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi wanita selama kehamilan.


Siapa yang memerlukan suplemen ibu hamil?

👩🏻Ibu yang nutrisinya kurang

Sangat penting untuk mencukupi jumlah nutrisi bagi ibu hamil. Ibu yang kekurangan nutrisi dapat menyebabkan bayi lahir dengan kondisi cacat. Oleh karena itu, penting untuk mengonsultasikan kepada dokter👨‍⚕️ mengenai suplemen yang cocok untuk ibu hamil yang kekurangan nutrisi.

🤰🏻Hamil Kembar

Ibu yang mengandung janin kembar membutuhkan nutrisi lebih banyak daripada ibu yang tidak mengandung bayi kembar. Hal ini dikarenakan ibu harus memberikan nutrisi tersebut untuk kedua janin👶🏻 dan dirinya sendiri.

💫Ibu hamil yang mengalami komplikasi

Kondisi ibu hamil yang mengalami komplikasi, seperti merasa mual dan muntah yang berlebihan juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen. Ibu dengan kondisi ini diharuskan untuk mengonsumsi suplemen untuk menggantikan nutrisi yang dikeluarkan saat muntah secara berlebihan dan menghindari terjadinya penurunan berat badan⚖️.


Suplemen yang diperlukan untuk ibu hamil

⭐️Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan gigi🦷 dan tulang pada janin. Makanan yang banyak kandungan vitamin D, yaitu ikan yang banyak mengandung lemak seperti tuna atau makarel. Selain itu, ada juga daging merah dan telur yang dapat dikonsumsi untuk menambah nutrisi vitamin D.

🐟Omega-3

Omega-3 sangat berperan penting untuk perkembangan otak, membantu memelihara kesehatan, meningkatkan suasana hati❤️ yang dapat memengaruhi perilaku ibu hamil.

💫Vitamin E

Vitamin E sangat berguna bagi penggunaan dan pembentukan otot💪 dan sel darah merah. Makanan yang mengandung vitamin D, yaitu bayam, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya.

🌟Zat besi

Zat besi merupakan nutrisi yang penting untuk pembuatan sel darah merah. Zat besi juga berperan dalam meningkatkan jumlah aliran darah dan juga plasenta pada ibu hamil🤰🏻.


Cara minum suplemen agar tidak merasa mual

📌Mengonsumsi suplemen setelah makan

Sebelum minum suplemen atau vitamin, pastikan perut ibu hamil sudah terisi setidaknya sedikit makanan agar rasa mual🤢 setelah mengonsumsi suplemen dapat berkurang.

✅Mengonsumsi gula

Ketika ibu hamil belum terbiasa dan merasa kesulitan mengonsumsi suplemen karena pahit🥴, ada sebuah tips yang dapat ibu hamil lakukan, yaitu makan gula pasir sebanyak satu sendok teh untuk menghilangkan pahit setelah minum suplemen.