post-title

Si Kecil Sembelit?

Sembelit pada anak bukanlah masalah yang jarang terjadi. Ada faktor-faktor tertentu yang bisa memicu sembelit pada anak yang sebaiknya dihindari. Bagaimana kita dapat mengidentifikasi🔍 sembelit pada anak dan mengambil tindakan pencegahan serta mengatasinya saat diperlukan?


Mari pahami terlebih dahulu tentang sembelit yang sering terjadi pada anak!

🙋Apa yang dimaksud dengan sembelit?

Biasanya, masalah sembelit pada anak👧🏻👦🏻 dikategorikan ketika mereka buang air besar kurang dari 3 kali dalam 1 minggu dan menghadapi kesulitan saat melakukannya. Tinja yang kering, keras, dan berukuran kecil adalah ciri umum terkait dengan kondisi sembelit ini.

✨Faktor yang mungkin menyebabkan masalah sembelit

Sembelit sering terjadi pada anak-anak karena mereka mungkin mengonsumsi terlalu banyak susu dan kurang mendapatkan serat dalam makanan mereka. Faktor lain yang bisa memengaruhi, yaitu kurangnya aktivitas fisik💪, kurangnya asupan air, efek samping dari obat-obatan yang mungkin sedang mereka konsumsi.


Cara menangani sembelit secara alami di rumah

☝️Pastikan anak tetap melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik diperlukan untuk menjaga agar sistem pencernaan berjalan lancar. Selain berolahraga🏊🏻‍♀️, memberikan pijatan lembut pada perut juga bisa membantu mendorong pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

⚠️Jangan biarkan anak menahan buang air besar

Anak sebaiknya tidak menahan keinginan untuk buang air besar agar tinja tidak mengeras dan sulit dikeluarkan. Orang tua perlu mengajarkan anak untuk pergi ke toilet🚽 ketika mereka merasa ingin buang air besar.

💧Tingkatkan asupan air dan serat pada anak

Kebutuhan serat dalam tubuh bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan🥜, dan biji-bijian. Selain membantu melunakkan tinja, buah dan sayur juga mengandung nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Pastikan juga anak cukup minum air🥛 untuk mencegah tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

🍚Biasakan pola makan yang teratur untuk mencegah sembelit

Menerapkan pola makan yang teratur pada anak dapat membantu menjadwalkan buang air besar yang lebih konsisten. Salah satu jadwal🗒 makan yang disarankan untuk meningkatkan pencernaan adalah memastikan anak sarapan setiap hari.


Gunakan obat untuk mengatasi sembelit apabila cara alami tidak mempan

📌Obat sembelit yang dapat mendorong pengeluaran tinja

Obat sembelit yang efektif untuk merangsang buang air besar adalah senna dan bisacodyl yang disarankan untuk diberikan pada malam hari agar efeknya terasa di pagi hari⛅️. Namun, senna sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun, dan bisacodyl maupun senna tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang.

✅Obat sembelit yang dapat melunakkan tinja

Minyak mineral dan laktulosa adalah jenis obat💊 pelunak tinja yang tersedia dalam bentuk cair, yang bisa dicampurkan dengan minuman anak.