post-title

Adenoid Face? Apa itu?

Tahukah Anda jika anak memiliki adenoid yang merupakan kelenjar di hidung belakang untuk melawan masuknya kuman🦠 dari mulut maupun hidung. Namun, apa hubungannya Adenoid Face dengan kelenjar hidung belakang?


Anak dengan Adenoid Face

👧🏻Perubahan bentuk wajah anak

Salah satu ciri anak yang mengalami Adenoid Face yakni bagian wajah pada anak menjadi lebih panjang, terjadi penebalan bibir👄, timbulnya kantung mata, hidung menjadi tampak bengkok, dan juga gigi atas anak lebih menonjol.

💫Pembengkakan Adenoid

Adenoid berfungsi sebagai penghasil antibodi dan juga melawan infeksi. Namun, jika sudah terkena infeksi maupun alergi, maka Adenoid akan mengalami pembengkakan. Itulah penyebab terbentuknya kondisi yang disebut Adenoid Face.

📌Pola hidup yang buruk dan alasan lainnya

Alasan terjadinya pembengkakan Adenoid bukan hanya akibat bawaan keluarga👨‍👩‍👧‍👧, namun banyak faktor lain seperti gaya hidup, kesehatan, dan alergi pada anak. Jika anak yang mengidap pembesaran adenoid tidak segera diobati, maka Adenoid Face akan tetap terjadi sampai anak tumbuh dewasa.


Apa saja gejalanya dan bagaimana menanganinya?

👃Pernapasan terganggu

Anak yang terkena peradangan ini akan merasa tidak nyaman pada pendengaran dan pernapasan, bahkan sampai mendengkur saat anak tertidur. Terlebih jika tiba-tiba anak merasa telinganya👂🏻 sakit. Orang tua perlu memantau gerak-gerik anak dan berkonsultasi pada dokter untuk memeriksanya.

Adenoid diangkat

Jika penyakit ini diketahui saat anak masih kecil, maka bentuk wajah👦🏻 yang membentuk Adenoid Face dapat menjadi normal kembali seperti semula jika melakukan pengangkatan Adenoid sedini mungkin oleh dokter ahli.

👩🏻‍⚕️Dokter gigi anak

Selain pengangkatan Adenoid, anak juga perlu mengunjungi dokter gigi untuk merawat gigi🦷 yang telah berubah yang disebabkan adanya pembengkakan pada Adenoid.

📌Tidak sampai terjadi Adenoid Face

Meski Adenoid mengalami infeksi, jika diobati dan dirawat dengan baik, maka perubahan wajah pada anak juga dapat dicegah sebelum terbentuk Adenoid Face. Konsultasikan kepada dokter ahli🩺 untuk tindakan lebih jauh tentang penyakit yang diderita.