post-title

Batas Usia Anak Mengompol!

Anak kecil mengompol merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi, orang tua yang telah merasa anaknya cukup besar harus segera mengajarkan anaknya untuk berhenti✋ mengompol. Batas umur anak mengompol bagi orang tua bisa berbeda-beda, namun normalnya pada usia berapa anak harus berhenti mengompol? Berikut penjelasannya.


Batasan usia yang normal!

👦🏻Anak berumur lima tahun

Anak yang masih mengompol di umur lima tahun termasuk golongan normal. Akan tetapi, hal ini tentu saja tidak berarti anak yang berusia lima tahun boleh terus mengompol. Ajarkan anak secara bertahap semenjak umur tiga tahun. Anak usia tiga tahun biasanya sudah mulai tidak mengompol di siang hari☀️.

⚠️Mengompol yang tidak normal

Jika anak masih terbiasa mengompol di atas umur lima tahun secara terus menerus, maka bisa dikatakan bahwa anak sudah mengompol secara tidak normal🙅🏻‍♀️.

✅Penanganan yang tepat

Jika di atas usia lima tahun masih mengompol, hendaknya periksakan anak ke ahlinya, karena mengompol merupakan salah satu gangguan pada anak. Hal ini bukan berarti anak dengan sengaja atau secara sadar mengompol. Perlunya berkonsultasi pada dokter untuk pemeriksaan🩺 lebih lanjut.

✨Anak lebih dari lima tahun

Jika anak sudah lebih dari lima tahun dan masih sering mengompol lebih dari 2 kali setiap bulan, maka kehidupan sosial anak akan terganggu. Kepercayaan diri anak akan berkurang dan merasa malu😔 di dalam lingkungan pertemanannya.


Mengapa anak masih saja mengompol?

📌Kurangnya pengendalian tubuh

Anak yang masih mengompol menjadi tanda bahwa ia belum dapat mengendalikan fungsi tubuh dengan baik. Agar tidak mengompol, anak👦🏻 perlu menahan urin, di mana dalam hal ini koordinasi saraf seluruh tubuh akan terlibat. Pengendalian ini akan matang saat anak bertambah usia.

💪Kondisi fisik anak

Alasan lainnya yakni ada beberapa anak yang kandung kemihnya sulit untuk menampung jumlah urin yang diproduksi dirinya sendiri dan juga terjadi pembuatan urin dengan jumlah banyak saat anak tertidur😴. Hal ini membuat anak mudah mengompol.

✨Produksi hormon antidiuretik

Anak berumur tiga tahun yang sedang belajar menggunakan toilet untuk buang air kecil, maka tubuhnya akan memproduksi hormon antidiuretik untuk penghambatan ✋ pembuatan urin. Semakin besar, anak akan semakin pandai untuk menahan urin. Jika anak di usia lima tahun masih sering mengompol, maka produksi hormon tersebut masih belum cukup.


Penanganan pada anak yang masih mengompol!

🚽Membiasakan anak ke kamar mandi

Orang tua hendaknya mengajari dan membiasakan anak untuk pergi ke kamar mandi saat ingin buang air kecil, khususnya sebelum tidur🛏️ supaya kebiasaan mengompol ini dapat dihentikan.

🥛Tidak minum air terlalu banyak di malam hari

Apabila anak sudah melewati batas usia mengompol, maka orang tua dapat mengajak anak untuk minum air lebih banyak di siang hari dan membatasinya pada malam hari🌙 agar saat tidur anak tidak mengompol.