post-title

Bayi Tertawa saat Tidur?

Sebagai orang tua, mungkin pernah melihat bayi tertawa saat ia sedang tertidur😪 dengan lelapnya. Hal ini juga dikenal dengan istilah hypnogely. Akan tetapi, tidak hanya terjadi pada bayi saja, orang dewasa pun juga dapat mengalaminya.


Mengapa bayi tertawa saat tidur?

✨Emosi bayi berkembang

Tertawanya bayi saat tidur bisa disebabkan oleh pengalaman menyenangkan yang dirasakannya, entah melalui penglihatan atau pendengarannya. Tertawanya bayi dalam situasi ini adalah cara mereka mengekspresikan kegembiraan. Ketika Anda melihat bayi tertawa😂 saat tidur, itu bisa menjadi indikasi perkembangan emosional mereka terhadap sesuatu.

🛌 Fase tidur bayi

Siklus tidur bayi ada dua jenis, yaitu REM dan non-REM. REM yang dikenal juga dengan fase aktif merupakan fase di mana kemampuan fisik dan kognitif bayi berkembang. Bisa saja bayi👶🏻 tertawa saat tidur berarti ia sedang teringat suatu hal lucu yang terjadi pada dirinya.

💫Refleks bayi

Para ahli belum dapat memastikan apakah bayi tertawa saat tidur berarti ia sedang bermimpi atau tidak. Akan tetapi, para ahli berpendapat bahwa hal tersebut terjadi akibat gerakan refleks yang dilakukan bayi. Gerakan refleks bayi lainnya juga bisa dilihat yakni ketika bayi menggerakkan mulutnya👄 saat menghisap ASI. 

🙅🏻‍♀️Mitos

Banyak orang yang beranggapan jika bayi yang tersenyum saat tidur berarti bayi tersebut sedang didatangi makhluk halus👻 atau sejenisnya. Namun hal ini tidak benar karena secara medis dianggap sebagai refleks bayi dan orang tua disarankan agar tidak mengaitkan bayi yang tersenyum saat tidur dengan datangnya makhluk halus.


Apakah ada alasan lainnya?

💨Kentut

Saat bayi sedang kolik atau menangis😭 terus-menerus, maka saat kentut, bayi akan merasa lega dan membuatnya tertawa. Hal ini bisa juga terjadi, namun belum ada bukti yang membenarkan bahwa kentut dapat membuat bayi tertawa saat ia terlelap.

📌Kejang

Bayi yang tersenyum saat tidur memang hal yang wajar. Namun, ada satu hal yang tidak wajar apabila bayi memiliki kondisi khusus seperti kejang gelastik. Akan tetapi, kondisi ini sangat jarang terjadi. Jika bayi kejang, maka segeralah menemui dokter👨🏻‍⚕️ untuk berkonsultasi.