post-title

Stres Ekonomi saat Hamil

Ibu hamil sering mengalami stres😰, yang merupakan reaksi alami terhadap banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan. Namun, jika dibiarkan terus-menerus, stres dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.


Pemicu stres pada ibu hamil

👨‍👩‍👧Kondisi keluarga

Ibu hamil bisa merasa stres ketika keluarga mengalami masa sulit atau ada masalah dengan pasangan. Selain itu, situasi yang tidak menyenangkan di rumah🏠 juga bisa memicu stres pada ibu hamil.

💵Masalah ekonomi

Faktor ekonomi dapat menjadi salah satu alasan ibu hamil alami stres, seperti terjadi PHK di tempat kerja🏢, uang persiapan melahirkan dan membesarkan anak yang masih belum tersedia, atau hal lainnya yang mungkin menjadi penyebab ekonomi keluarga menjadi kurang stabil.


Alasan mengapa harus menghindari stres

⚡Peradangan pada tubuh

Ketika ibu hamil mengalami stres yang tidak terkendali, sistem pengelola stres😵‍💫 dalam tubuhnya dapat mengalami perubahan yang menyebabkan reaksi berlebihan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan.

☁️Penyempitan pembuluh darah

Ketika ibu hamil mengalami stres yang tidak terkontrol, hormon stres diproduksi dan dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat menghambat aliran darah dan oksigen🌬️ ke janin.

👶🏻Bayi lahir prematur

Para ahli menyatakan bahwa ketika ibu hamil mengalami peradangan karena stres yang berlebihan, kesehatan dan perkembangan janin dapat terganggu. Selain itu, kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan⚖️ rendah.


Penanganan ekonomi untuk mengurangi stres

☝️Tidak harus menggunakan barang baru untuk si kecil

Salah satu cara untuk menghemat saat ekonomi keluarga sedang kurang baik yaitu dengan tidak membeli perlengkapan baru untuk bayi. Anda bisa mendapatkan perlengkapan🎒 tersebut dari orang-orang sekitar atau menyewa untuk menghemat keuangan.

✍️Catatan keuangan

Ketika memiliki anak, penting untuk memastikan bahwa semua kebutuhan keluarga, termasuk anak, terpenuhi. Salah satu langkah penting yang dapat dilakukan adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran🧾 keluarga untuk mengelola keuangan dan merencanakan masa depan keluarga, terutama untuk anak.

💰Investasi dan menggunakan asuransi yang tersedia

Selain menabung, terdapat opsi investasi lain yang dapat diandalkan untuk masa depan, seperti investasi dalam emas, reksadana, dan opsi lainnya. Untuk mengamankan kesehatan🏥, disarankan untuk memanfaatkan asuransi seperti BPJS atau asuransi kantor guna mengurangi beban biaya persalinan.

🙅‍♀️Tidak berhutang

Bagi yang tidak memiliki hutang, maka hindarilah berhutang untuk pemenuhan keinginan yang tidak begitu mendesak. Jika telah memiliki hutang🫴, maka segeralah mencicilnya dan usahakan tidak kembali meminjam agar perputaran keuangan tidak hanya untuk mengangsur hutang.