post-title

Tingkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini!

Sering perkembangan zaman, tingkat membaca semakin berkurang karena semua serba teknologi dan anak menjadi lebih tertarik memakai gadget. Sebagai orang tua, membiasakan anak membaca buku sejak kecil dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak. Namun, masih banyak orang tua👨‍👩‍👧‍👦 yang merasa kesulitan memotivasi anak untuk rajin membaca. Jadi, apa saja tips meningkatkan minat baca anak dan manfaat membaca bagi mereka? 


Tips meningkatkan minat baca anak 

📖Membiasakan membaca buku di depan anak

Anak-anak pada umumnya mudah untuk meniru👀 kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, disarankan agar orang tua untuk membiasakan membaca buku di depan anak-anaknya agar anak-anak menjadi termotivasi untuk membaca dengan rajin.

📱Mengganti mainan atau gadget dengan buku

Sebagian besar orang tua cenderung memberikan mainan🎮 atau gadget pada anak-anak mereka ketika mereka rewel selama perjalanan. Sebagai gantinya, sebaiknya orang tua membawa buku untuk meningkatkan minat membaca anak.

☝️Membebaskan anak untuk memilih buku kesukaannya

Memberi anak👧🏻 kesempatan untuk memilih buku sendiri dapat meningkatkan minat baca mereka. Namun, orang tua harus tetap memastikan bahwa buku yang dipilih sesuai dengan usia dan kemampuan membaca anak.

📚Mempersiapkan beberapa buku bacaan di rumah

Menyiapkan beragam jenis buku di rumah🏠 dapat meningkatkan minat baca anak karena anak mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi genre buku yang berbeda-beda, seperti fiksi, non-fiksi, komik, dan sebagainya. Dengan kondisi lingkungan yang mendukung, anak-anak dapat lebih termotivasi untuk membaca.

🛋️Memiliki tempat baca dirumah

Membuat tempat yang nyaman untuk membaca dapat meningkatkan minat baca anak. Orang tua dapat membantu menciptakan zona membaca anak di salah satu sudut rumah dengan menyediakan lemari buku, meja, dan kursi🪑 yang nyaman sehingga anak-anak merasa betah dan terdorong untuk membaca.

🗣️Memulai dengan rutin membacakan cerita kepada anak

Membacakan cerita kepada anak dapat menjadi tahap awal yang baik dalam meningkatkan minat baca anak. Orang tua dapat menambahkan intonasi🎶 suara dan ekspresi wajah yang menarik ketika membacakan cerita sehingga anak menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam cerita yang dibacakan.


Manfaat membacakan buku kepada anak 

💡Mengembangkan kreativitas serta imajinasi anak

Sering mendengarkan cerita dapat membuat anak memiliki daya kreatif dan imajinasi🙇🏻‍♀️ yang tinggi. Anak akan terstimulus untuk berpikir kreatif dan membayangkan situasi dalam cerita yang mereka dengarkan.

👩‍👦Memperkuat hubungan antara orang tua dan anak

Kegiatan membacakan buku pada anak sebelum tidur malam dapat menjadi salah satu kegiatan positif untuk memperkuat hubungan antara orang tua dan anak, apalagi ketika orang tua sibuk dengan pekerjaannya👩🏻‍💻 sehingga tidak memiliki waktu untuk anak. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat menjadi waktu khusus untuk berinteraksi dengan anak

💬Mengembangkan kemampuan berpikir anak 

Membacakan buku kepada anak dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir logis, mengingat💭, dan berkomunikasi. Setelah selesai membacakan buku, orang tua dapat menanyakan kepada anak tentang pesan moral yang terdapat dalam buku tersebut untuk melatih anak dalam berpikir.