post-title

Infeksi Saluran Kemih saat Hamil

Infeksi saluran kemih sering kali dialami oleh wanita yang sedang hamil. Namun, para ibu tidak perlu merasa cemas terhadap situasi ini. Berikut penjelasan mengenai penyebab infeksi saluran kemih dan beberapa saran📝 praktis untuk mengatasi kondisi ini!


Informasi seputar infeksi saluran kemih 

❓Apa yang dimaksud infeksi saluran kemih?

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra yang mengakibatkan infeksi🦠 pada saluran kencing.

🔎Apakah kondisi ini wajar bagi ibu hamil?

Infeksi saluran kemih pada ibu hamil merupakan kondisi yang sering terjadi karena pertumbuhan rahim yang membesar dan pertambahan beban seiring pertumbuhan janin sehingga aliran urine jadi terhambat✋ sehingga bakteri dapat mengumpul dalam saluran kemih.

🤰Apa efek infeksi saluran kemih pada ibu hamil? 

Infeksi saluran kemih dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya. Peradangan yang terjadi dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan hormon prostaglandin, yang bisa memicu kontraksi intens pada rahim dan berisiko menyebabkan kelahiran prematur👶🏻.


Beberapa tipe infeksi saluran kemih 

🦠Bakteriuria asimtomatik

Bakteriuria asimtomatik merupakan kondisi di mana bakteri ditemukan dalam urine tanpa adanya gejala yang jelas atau nyeri⚡️ saat buang air kecil. Infeksi ini cenderung bisa membaik dengan sendirinya.

✨Infeksi ginjal (Pielonefritis)

Pielonefritis adalah infeksi yang diakibatkan oleh penyebaran bakteri dari saluran kemih ke dalam ginjal. Jenis infeksi ini dianggap serius⚠️ karena dapat merusak ginjal dan memengaruhi kesehatan ibu hamil serta membahayakan nyawa janin.

📌Cystitis 

Cystitis adalah tipe infeksi saluran kemih yang paling umum, biasanya dialami wanita👩🏻‍🦱 yang berumur antara 20 hingga 50 tahun dan aktif dalam berhubungan seksual.


Faktor penyebab infeksi saluran kemih 

👩🏻‍❤️‍💋‍👨🏻Melakukan seks 

Aktivitas seksual dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih pada ibu hamil karena saat terjadi penetrasi, bakteri yang berada di sekitar area vagina memiliki peluang lebih besar🔎 untuk berpindah ke uretra.

🧼Membersihkan bagian intim dari arah belakang ke depan 

Sering tidak disadari bahwa membersihkan daerah intim dengan menggerakkan tangan👋 dari arah belakang ke depan bisa memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi saluran kemih. Hal ini karena bakteri E. coli umumnya berada di area anus sehingga jika membersihkan dari arah belakang ke depan, bakteri dapat berpindah ke saluran kemih.

✨Adanya perubahan hormon

Perubahan hormon selama masa kehamilan juga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya perkembangan bakteri di area vagina yang lembab🍄 sehingga risiko ibu hamil terkena infeksi saluran kencing jadi meningkat.


Apa saja tips untuk mengatasi infeksi saluran kemih?

🫧Menjaga kebersihan kelamin

Cara yang tepat untuk membersihkan area intim adalahh melalui gerakan dari depan ke belakang dan menggunakan tisu toilet🧻 untuk menjaga kekeringan vagina. Selain itu, disarankan juga untuk mengenakan celana dalam berbahan katun dan secara teratur menggantinya untuk menjaga agar vagina tidak lembab. 

🙅🏻‍♀️Tidak menunda kencing

Ibu hamil tidak boleh menahan kencing dan saat kencing juga harus tuntas✅ agar tidak ada penumpukan bakteri yang menyebabkan infeksi. 

✔️Perbanyak nutrisi

Mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama vitamin C🍊, zinc, dan karoten, dapat bermanfaat dalam mendukung peningkatan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi.