post-title

Keluar Flek?

Keluarnya flek atau perdarahan ringan pada wanita, terutama pada masa kehamilan, sering kali menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan💬. Flek dapat menjadi hal yang normal dalam beberapa kasus, namun juga bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu diperhatikan dengan serius. 


Fakta mengenai flek saat hamil 

🙋🏻‍♀️Apa yang dimaksud dengan flek?

Flek saat kehamilan adalah perdarahan ringan yang terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Flek ini dapat memiliki berbagai warna, seperti merah🌹, merah muda, atau kecokelatan.

✨Apakah flek saat hamil sama dengan perdarahan vagina? 

Flek pada saat kehamilan🤰 memiliki perbedaan dengan perdarahan dari vagina. Flek selama kehamilan hanya menyebabkan bercak, sedangkan perdarahan vagina akan menghasilkan aliran darah yang lebih banyak.

👀Apa saja penyebabnya? 

Terdapat beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab timbulnya flek selama masa kehamilan, seperti implantasi embrio, perubahan pada hormon, peradangan, dan berhubungan intim💞.


Kapan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter? 

☝️Saat trimester pertama

Disarankan bagi ibu hamil untuk menghubungi dokter jika mengalami flek yang terjadi bersamaan dengan perdarahan pada vagina, serta mengalami demam🤒, dan kram.

✌️Saat trimester kedua

Jika pada trimester kedua terjadi flek dalam beberapa jam atau diiringi oleh kram, kontraksi perut, dan menggigil, sebaiknya ibu hamil segera berkonsultasi dengan dokter👨🏻‍⚕️.

👌Saat trimester ketiga

Jika mengalami perdarahan vagina dalam jumlah berapapun selama trimester ketiga kehamilan, sebaiknya ibu hamil segera berkonsultasi dengan dokter. Penting untuk diingat bahwa keputihan dengan warna merah muda atau keluarnya darah dapat menjadi indikasi awal proses persalinan🏥.


Tips untuk mengatasi flek

🥛Minum air putih 

Memenuhi kebutuhan asupan air sehari-hari penting bagi ibu hamil untuk mencegah mengalami dehidrasi. Hal ini juga dapat membantu mengurangi gejala flek, mual🤮, serta masalah pencernaan.

🏋️‍♀️Mengurangi aktivitas berat

Ibu hamil disarankan untuk mengurangi aktivitas yang berat dan memperbanyak waktu untuk istirahat💤 agar flek tidak terus menerus keluar. 

✅Penggunaan panty liner 

Penggunaan panty liner juga disarankan ketika ibu hamil mengalami flek agar celana dalam tetap dalam keadaan bersih🫧. 

🚿Selalu memerhatikan kebersihan vagina

Membersihkan area intim dengan menggunakan air mengalir🌊 dan mengeringkannya dengan baik agar tidak lembab merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina. Selain itu, wanita juga disarankan untuk selalu membersihkan area intim dari arah depan ke belakang untuk menghindari kemungkinan masuknya bakteri ke dalam vagina.