post-title

Apakah Kanker Pengaruhi Janin?

Wanita hamil dengan riwayat kanker yang memerlukan pengobatan selama kehamilan pasti merasa khawatir tentang dampak pengobatan💡 terhadap kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, penting untuk dipelajari lebih lanjut bagaimana mengelola kehamilan saat ibu hamil mengidap penyakit kanker.


Fakta mengenai kanker 


🎗Dampak kanker terhadap kesehatan ibu dan janin 

Dampak kanker pada ibu hamil bervariasi tergantung pada jenis dan tahap perkembangan kanker tersebut. Beberapa risiko📝 yang mungkin timbul meliputi potensi kematian bayi, gangguan dalam perkembangan janin, kelahiran prematur, serta risiko bayi kekurangan nutrisi. 

👶🏻Bisakah kanker menular pada janin? 

Kejadian kanker menular pada janin relatif jarang terjadi. Meskipun demikian, kanker seperti leukemia dan melanoma adalah contoh kanker yang dapat diwariskan dari ibu💁🏻‍♀️ kepada bayi.


Apa saja jenis kanker yang biasanya dialami oleh ibu hamil?

✔️Kanker tiroid

Jenis kanker ini sering kali dialami oleh wanita yang sedang hamil. Salah satu penyebab kanker ini adalah radiasi pengion☢️ dan kurangnya yodium. Selama masa kehamilan, ukuran dan aktivitas kelenjar tiroid cenderung meningkat karena perubahan kadar hormon estrogen dan hCG.

📌Melanoma 

Kanker melanoma merupakan bentuk kanker kulit yang dimulai dari sel-sel melanosit, yang bertugas dalam membuat pigmen melanin. Kanker ini memiliki potensi untuk diobati💊 bahkan ketika sedang terjadi kehamilan.

🧬Kanker limfoma 

Kanker limfoma adalah jenis kanker yang berkaitan dengan sel-sel sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit. Salah satu gejala yang umumnya terkait dengan kanker limfoma adalah penurunan berat badan⚖️ yang tidak diinginkan. 

🙍🏻‍♀️Kanker serviks 

Kanker serviks, yaitu jenis kanker yang memengaruhi leher rahim, bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Jika kanker masih termasuk dalam stadium tahap awal, kanker serviks dapat segera diobati sesudah melahirkan. Jika kanker telah mencapai tahap lanjut, diperlukan penanganan🚑 yang lebih cepat.

🦴Kanker Darah Sumsum Tulang Belakang

Jenis kanker ini biasa disebut dengan kanker leukemia. Kanker ini merupakan ketidaknormalan sel pada sumsum tulang belakang sehingga dapat mengganggu produksi sel darah🩸 normal.


Hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker saat hamil?

🩺Kemoterapi 

Kemoterapi adalah salah satu jenis pengobatan medis yang memanfaatkan obat-obatan💊 khusus untuk membunuh sel-sel kanker.

🏥Operasi 

Salah satu cara pengobatan kanker adalah dengan operasi pengangkatan tumor. Meskipun ada risiko kecil terhadap janin, namun tindakan operasi ini tetap aman✅ untuk dilakukan pada seluruh tahap kehamilan.