post-title

Si Kecil Cadel?

Cadel merupakan kondisi yang cukup sering dialami oleh anak-anak👧🏻, maka penting bagi orang tua untuk memahami penyebabnya, tanda-tanda yang perlu diperhatikan, serta bagaimana cara mengatasi cadel, dan mengembangkan keterampilan berbicara anak dengan baik. 


Kenali kondisi cadel pada anak

❓Apa itu cadel?

Kecadelan pada anak merupakan suatu kondisi yang dapat memengaruhi perkembangan bicara dan komunikasi🗣 pada usia dini. Anak-anak yang mengalami cadel mungkin mengalami kesulitan dalam mengucapkan suara, kata, atau kalimat dengan lancar dan jelas.

🔠Huruf apa saja yang biasanya sulit untuk diucapkan oleh anak?

Pada umumnya, anak mengalami kesulitan dalam mengucapkan kalimat atau kata yang mengandung huruf R sehingga menyebutnya🗣️ menjadi L dan huruf S menjadi Z.


Mengapa anak cadel? 

👃Mengalami masalah pernapasan

Sering kali, anak-anak mengalami penyumbatan hidung yang mengakibatkan mereka menggunakan mulut👄 untuk bernapas. Ini bisa berdampak pada suara saat berbicara, terkadang menghasilkan bicara yang tidak jelas atau cadel. Gangguan pernapasan juga dapat membuat lidah cenderung menjulur ke depan saat menelan maupun berbicara. 

👅Ankyloglossia atau Tongue-tie 

Kondisi saat jaringan yang menghubungkan lidah ke dasar mulut terlalu pendek atau terhubung terlalu dekat ke ujung lidah. Kondisi ini cukup sering terjadi pada bayi👶🏻 baru lahir atau dalam perkembangan lebih lanjut yang mengakibatkan kesulitan dan gangguan dalam berbicara serta fungsi mulut lainnya.

🦷Kelainan struktur rahang dan gigi

Sebuah penelitian dari Journal of Applied Oral Science menyatakan bahwa kesulitan berbicara seperti cadel memiliki kaitan dengan risiko maloklusi yang lebih tinggi. Maloklusi adalah kondisi ketika gigi tidak sejajar saat menggigit😬 yang disebabkan oleh posisi gigi yang salah.


Tips mengatasi cadel

🎤Melalui bernyanyi

Orang tua bisa mengajarkan anak cara mengucapkan huruf R dengan benar melalui lagu-lagu🎶 yang mengandung banyak huruf R, seperti "Topi Saya Bundar" dan "Kring Kring Ada Sepeda". Dengan bernyanyi, anak dapat menjadi lebih bersemangat dan tidak merasa bosan.

🧑🏻‍⚕️Berkonsultasi ke dokter

Apabila anak masih mengalami kesulitan dalam berbicara yang melibatkan cadel, disarankan bagi orang tua untuk membawa anak ke dokter🧑‍⚕️ guna menjalani terapi bicara.

👩‍👦Melatih anak untuk menempatkan lidah saat melafalkan huruf R

Orang tua dapat mencontohkan anak saat melafalkan huruf R dengan jelas dan menjelaskan posisi lidah yang benar saat mengucapkan huruf R. Anak dapat terus dilatih dengan mengucapkan kata yang mudah seperti rambut👱‍♀️, rasa, rakus.