post-title

Bolehkah Ibu Hamil ke Dokter Gigi?

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting, tetapi kekhawatiran terkait risiko dari perawatan gigi yang dilakukan selama kehamilan sering kali membuat beberapa ibu hamil🤰 ragu untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi. Jadi, apakah perawatan gigi saat hamil bisa membahayakan kehamilan?


Perawatan gigi ke dokter gigi saat hamil 

🙋🏻‍♀️Apakah boleh ke dokter gigi saat hamil?

Ada beberapa perawatan gigi yang melibatkan penggunaan bahan tertentu yang berisiko tidak sesuai dengan kondisi ibu hamil. Oleh karena itu, saat menjalani perawatan gigi, ibu hamil disarankan untuk memberi tahu dokter gigi mereka tentang kehamilan mereka agar tindakan perawatan yang dipilih sesuai dengan kondisi yang aman bagi ibu dan janin👶🏻. 

⚠️Mengapa melakukan perawatan gigi saat hamil harus berhati-hati?

Terdapat beberapa perawatan gigi yang pada proses pengerjaannya menggunakan zat-zat tertentu yang bisa menimbulkan risiko ketidakcocokan dengan kondisi ibu hamil sehingga ibu hamil perlu lebih waspada dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan dokter gigi🧑‍⚕️. 

❓Jenis perawatan gigi apa yang masih boleh dilakukan saat hamil?

Perawatan gigi seperti tambal gigi dan pembersihan karang gigi masih boleh dilakukan. Namun, perawatan gigi seperti bleaching, tidak dianjurkan karena adanya penggunaan zat🧪 yang dapat memengaruhi kehamilan. 


Apa yang harus dilakukan jika ingin melakukan perawatan gigi saat hamil? 

✔️Lakukan perawatan di trimester kedua

Masa trimester kedua pada ibu hamil merupakan masa yang paling aman untuk ibu hamil melakukan perawatan gigi karena kondisi fisik dan mental ibu hamil masih cenderung stabil🧘. 

🙅🏻‍♀️Hindari perawatan di trimester ketiga

Selama trimester ketiga kehamilan, disarankan agar ibu hamil menghindari perawatan gigi karena pada periode ini, ibu hamil menjadi lebih sensitif dan beberapa prosedur📝 dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

🏥Berkonsultasi kepada dokter kandungan

Sebelum menjalani perawatan gigi, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩🏻‍⚕️ kandungan untuk memastikan bahwa perawatan ini aman dan sesuai dengan kondisi kehamilannya.


Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi saat hamil? 

🪥Menggosok gigi secara teratur

Dalam menjaga kesehatan gigi selama kehamilan, penting untuk menjalani kebiasaan menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari. Disarankan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, karena aman digunakan dan tidak menyebabkan mual🤢.

✋Membatasi mengonsumsi makanan dan minuman manis 

Ibu hamil disarankan untuk membatasi makanan dan minuman manis yang bisa meningkatkan risiko kerusakan pada gigi🦷. 

🥛Perbanyak air putih 

Memperbanyak minum air putih juga dianjurkan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan rongga mulut👄 dan mencegah terjadinya dehidrasi.